MANAJEMEN
PERPUSTAKAAN DI STI-PAP
DISUSUN
OLEH:
KELOMPOK
2
MAYALIANA
MUHAMMAD
RIFKY FANSURI
TASSYA
RAMAYANI
KELAS:
JIP-2
PRODI ILMU
PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU
SOSIAL
UNIVERSITAS ISLAM
NEGERI SUMATERA UTARA
TAHUN
AKADEMIK 2018/2019
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan
atas bagi kehadirat Allah SWT karena
berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan laporan hasil observasi
kami tepat pada waktunya. Tak lupa, sholawat serta salam semoga senantiasa
terlimpah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW.
Laporan ini dibuat untuk
memenuhi tugas kelompok untuk mata kuliah MAnajemen Perpustakaan I pada
semester II dengan mengangkat tema “manajemen Perpustakaan STIP-AP”.
Diharapkan, laporan ini dapat menambah pengetahuan pembaca.
Mungkin dalam penyusunan
laporan ini, terdapat banyak kesalahan di dalamnya, maka dari itu kami harapkan
kritik serta saran yang membangun sehingga di kemudian hari akan menjadi lebih
baik. Kami berharap agar laporan ini akan bermanfaat bagi pembaca.
Medan, 29 April 2019
Disusun oleh,
Kelompok
2
DAFTAR
ISI
Hal
KATA PENGANTAR................................................................................................................. i
DAFTAR ISI.............................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang...................................................................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah................................................................................................................. 1
BAB II KONSEP DAN HIPOTESIS
2.1 Konsep.................................................................................................................................. 2
2.2 Hipotesis............................................................................................................................... 3
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Teknik
Pengumpulan Data................................................................................................... 4
3.2 Analisis
Data......................................................................................................................... 5
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan........................................................................................................................... 8
4.2 Saran.................................................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................................. 9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Manajemen
perpustakaan adalah adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,
dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya
organisasi yang telah ditetapkan.
Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan dan lembaga penyedia informasi
serta penyedia referensi dalam penulisan karya-karya ilmiah akan memiliki
kinerja yang baik apabila didukung dengan manajemen yang memadai, sehingga
seluruh aktivitas lembaga akan mampu untuk mencapai tujuan bersama yang sudah
ditetapkan.
Untuk
mengelola sebuah perpustakaan diperlukan kemampuan manajemen yang baik, agar
arah kegiatan sesuai dengan visi yang diinginkan. Kemampuan manajemen itu juga
diperlukan untuk menjaga keseimbangan jika ada tujuan-tujuan berbeda agar mampu
dilaksanakan secara efektif dan efisien.
Berdasarkan
pemaparan tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian langsung untuk
mengetahui bagaimana proses atau cara memanajemen perpustakaan yang baik.
Sangat penting mengetahui bagaimana cara memanajemen yang baik sebagai seorang
pustakaan agar mampu mengelola informasi dengan baik.
A.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka dalam rumusan masalah daalm
makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana
pengimplementasian manajemen di perpustakaan STIP-AP ?
2. Apa
saja kendala yang dihadapi dalam pengimplementasian manajemen perpustakaan
STIP-AP?
3. Apakah
solusi yang dilakukan untuk menghadapi kendala yang dihadapi dalam
pengimplementasian manajemen perpustakaan STIP-AP?
BAB
II
KONSEP
DAN HIPOTESIS
A.
Konep
Manjemen Perpustakaan
Manajemen
berasal dari kata to manage yang
artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan
urutan dan fungsi manjemen. Jadi manajemen adalaha suatu proses untuk
mewujudkan tujuan yang diinginkan.[1] Secara definitif dalam
Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), kata manajemen dapat diartikan proses penggunaan sumber daya
secara efektif untuk mencapai sasaran.
Istilah
manajemen telah diartikan oleh berbagai pihak dengan berbagai perspektif,
misalnya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan,
pemimpin, ketatapengurusan, administrasi dan sebagainya. Manajemen adalah
proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya
anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi
tercapainya tujuan.[2]
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan
dan pengarahan suatu kelompok iorang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasi.[3]
Jadi
pengertian manajemen adalah proses kegiatan mengelola sumber daya manusia,
materi agar dapat mencapai suatu tujuan. Manajemen sangat bermanfaat bagi
kehidupan manusia karena merupakan cara bagaimana dan mengapa manusia bekerja
sama sehingga dapat mencapai tujuan yang sudah direncanakan secara sistematis.
Perpustakaan
adalah unit kerja yang melakukan kegiamn/fungsi pengadaan,
pengolahan,penyimpanan, dan pendayagunaan serta pemeliharaan atau pelestarian
koleksi bahan pustaka untuk mendukung proses belajar-mengajar.
Kegiatan-kegiatan/fungsi-fungsi tersebut dalam istilah perpustakaan
dikelompokkan menjadi dua kegiatan layanan.
Orang yang melakukan manajemen disebut manajer,
kegiatan seorang manajer, apapun yang dilaksanakan adalah untuk mencapai suatu
tujuan dari (badan, instansi, organisasi, lembaga termasuk lembaga perpustakaan).
Ruang lingkup kegiatannya atau yang disebut fungsi manajemen meliputi:
1. Perencanaan (planning)
a. Menentukan
tujuan yang hendak dicapai dalam suatu waktu tertentu.
b. Mennetukan
sesuatu yang harus yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut
2.
Fungsi
Pengorganisasian (Organizing)
a.
Mengelompokkan sumber daya manusia
b.
Memutuskan berbagai kegiatan
c.
Memberikan kekuasaan untuk melaksanakan
kegiatan tersebut
3. Pengelolaan Tenaga Kerja (Staffing)
a.
Menentukan kebutuhan tenaga kerja
b.
Melakukan pengarahan tenaga kerja
c.
Melakukan penyaringan tenaga kerja
d.
Pelatihan dan pengembanan tenaga kerja
4. Motivasi (motivating)
a.
Memberikan dorongan atau motivasi
b.
Memberikan pengarahan
5. Pengontrolan dan pengawasasan (controlling)
a.
Mengukuhkan hasil pelaksanaa sesuai dengan
tujuan yang telah ditetapkan
b.
Menganalisis penyebab terjadinya
penyimpangan
c.
Melakukan tindakan korektif[4]
B.
Hipotesis
Hipotesis merupakan jaaban sementara terhadap
rumusan masalah penelitian, dimana rumuan penelitian dibuat dalam bentuk kalimat
pertanyaan. Berdasarkan teori-teori yang telah dipaparkan di atas maka dapat
dirrumuskan suatu hipotesis. Terdapat pengaruh hubungan pengelolaan
perpustakaan STIP-AP terhadap peningkatan kunjungan mahasiswa.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.
Teknik
Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dana analisis
dokumen pada perpustakaan STIP-AP
1. Observasi
Observasi
yang dilakukan peneliti adalah observasi
partisipatif, karena peneliti terlibat langsung dalam kegiatan orang yang
sedang diamati sebagai sumber data penelitian. Observasi dilakukan dengan
mengamati langsung ketika kegiatan manajemen perpustakaan STIP-AP dilakukan oleh pustakawan.
2. Teknik wawancara
Wawancara
adalah dialog secara lisan. Teknik ini penulis lakukan dengan mengajukan
beberapa pertanyaan kepala kepala perpustakaan STIP-AP untuk memperoleh data
tentang gambaran umum perpustakaan tersebut. Wawancara ini penulis lakukan di
perpustakaan STIP-AP. Wawancara yaitu tanya jawab yang dilakukan langsung oleh
peneliti kepada informan untuk mengetahui lebih mendalam tentang manajemen
perpustakaan nSTIP-AP.
B. Analisis Data
1. Visi Misi Perpustakaan STIP-AP
Visi
Mengelola
dan mengembangkan perpustakaan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi di
STIP-AP dan Program Diklat di LPP Kampus Medan.
Misi
Menjadi
unit pelyanan yang mampu memberikan Servis Excellent kepada pengguna
perpustakaan.
2. Staff perpustakaan
Perpustakaan
yang baik memiliki tenaga perpustakaan yang memadai, untuk melakukan
tugas-tugas yang ada di perpustakaan. Tenaga perpustakaan merupakan orang yang
berperan secara langsung dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang ada di
perpustakaan.
Perpustakaaan
STIP-AP memiliki 4 orang staff, yang terdiri dari 1 orang kepala perpustakaan
dan 3 orang staff. Adapun nama staff, jabatan, dan latar belakang pendidikan
yang bekerja di Perpustakaan STIP-AP dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Nama |
Jabatan |
Latar Belakanag Pendidikan |
Sunyianto, S.Sos., M.I.Kom |
Kepala Perpustakaan |
Sarjana Perpustakaan dan Strata 2 Ilmu
Komunikasi |
Friska Aggraini, S.Sos., M.Pd |
Staff pengolahan, pengadaan bahan
pustaka, pelayanan referensi |
Sarjana Perpustakaan dan Strata 2
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Fadhil Fraya, A.Md |
Staff pengolahan, program automasi
perpustakaan |
Sarjana Muda Perpustakaan |
Irwanto |
Administrasi perpustakaan, selving |
SMA |
3. Fasilitas Perpustakaan STIP-AP
Perpustakaan
STIP-AP terdiri atas beberapa ruangan yaitu:
1) Ruang baca
Ruang baca berada di ruangan pertama masuk
kedalam perpustakaan STIP-AP. Di ruangan ini terdapat 6 meja dan di setiap meja
terdapat beberapa kursi yang digunakan sebagai tempat membaca untuk beberapa
orang. Selain itu di ruangan ini juga terdapat 4 buah komputer dilengkapi dengan internet gratis yang bisa
digunakan oleh pengguna untuk mencari bahan pustaka online. Di sudut kanan
ujung ruangan ini terdapat meja sirkulasi. Di sudut kiri pertama masuk terdapat
loker sebanyak 24, loker ini digunakan untuk menyimpan tas atau barang
milik pemustaka agar aman serta agar
tidak ada pemustaka yang memasukkan buku perpustakaan secara illegal. Di
ruangan ini juga terdapat sebuah televisi, ac, kipas angin, vas bunga,
keranjang sampah, 2 buah rak koleksi terbaru dan sebuah rak yang berisi koran.
2) Ruang koleksi umun
Ruangan koleksi umum
berada di belakang ruang baca. Diruanagn ini terdapat 10 rak buku dan 4 lemari
untuk tugas akhir. Di ruangan ini terdapat 32 meja pribadi yg dilengkapi sebuah
tempat duduk dan 16 meja diantaranya dilengkapi
colokan listrik di setiap mejanya.
3)
Ruang
Koleksi Referensi
Ruangan ini terdiri dari
beberapa rak yang berisi koleksi referensi yaitu tugas akhir contohnya skripsi,
tesis, disertasi dan sebagainya.
4)
Ruang
pengolahan bahan pustaka
Ruangan ini bersebelahan
dengan ruang koleksi umum. Terdapat beberapa rak buku dan 2 rak jurnal penelitian. Di ruangan ini juga
tedapat tempat untuk sholat dan menyediakan beberapa mukena.
5)
Ruang
kepala perpustakaan
Ruangan ini berada di
sebelah kanan ruang baca. Di ruangan ini lah kepala perpustakaan dan beberapa
staff pegawai melakukan aktivitas nya yaitu mengelola data-data bahan pustaka.
6)
Ruang
Gudang
Ruang gudang digunakan
untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi agar perpustakaan
terlihat rapid an lebih luas.
7) Ruang toilet
Toilet letaknya bersebelahan dengan gudang.
4. Struktur organisasi
Struktur
organisasi sangat dibutuhkan oleh lembaga perguruan tinggi, perusahaan, maupun
perpustakaan. Dengan adanya struktur organisasi akan membantu proses kegiatan
kerja dalam sebuah lembaga.
Untuk
menjalankan fungsinya, Perpustakaan STIP-AP mempunyai struktur organisasi
sebagai berikut:
Ka. Perpustakaan
Automasi Pengolahan Bagian pelayanan Referensi Sirkulasi Bagian teknis Wakil Ketua I
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Manajemen adalah proses kegiatan mengelola sumber daya
manusia, materi agar dapat mencapai suatu tujuan. Manajemen sangat bermanfaat
bagi kehidupan manusia karena merupakan cara bagaimana dan mengapa manusia
bekerja sama sehingga dapat mencapai tujuan yang sudah direncanakan secara
sistematis. Dalam manajemen perpustakaan modern organisasi atau
kelembagaan perpustakaan merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Dalam
suatu organisasi, setiap orang harus jelas tugas, wewenang, dan tanggung
jawabnya, begitu juga dalam hubungan dan tata
kerjanya.
Orang
yang melakukan manajemen disebut manajer, kegiatan seorang manajer, apapun yang
dilaksanakan adalah untuk mencapai suatu tujuan dari (badan, instansi,
organisasi, lembaga termasuk lembaga perpustakaan). Ruang lingkup kegiatannya
atau yang disebut fungsi manajemen meliputi Perencanaan (planning), Fungsi Pengorganisasian (Organizing), Pengelolaan Tenaga Kerja (Staffing), Motivasi (motivating),
Pengontrolan dan pengawasan (controlling).
Fungsi
manajemen terpenting yang kedua adalah
pengorganisasian, yaitu fungsi yang dijalankan para manajer di semua tingkatan.
Hasil pengorganisasian merupakan terorganisasinya semua aktivitas sehingga
tugas dan fungsinya deengan baik untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi
pengorganisasian sangat menentukan kelancaran pelaksanaan berupa pengaturan
lebih lanjut mengenai kekuasaan, pekerjaan, dan tanggung jawab sehingga setiap
orang tahu apa keduduakan, tugas, fungsi, pekerjaan, tanggungjawab, kewajiban,
dan hak serta wewenangnya.
A. Saran
Sesuai kesimpulan di atas penulis menyarankan agar
kita sebagai mahasiswa/i program studi ilmu Perpustakaan untuk mengetahui apa
itu manajemen serta bagaimana memanajemen perpustakaan secara sistematis. Agar
kita mampu menjadi seorang pustakawan yang berkompeten dalam mengelola
perpustakaan dan mampu mengikuti arus perkembangan teknologi informasi supaya
dapat berorientasi sesuai dengan kebutuhan pengguna perpustakaan (user orientic), sehingga perpustakaan terdistrupsi
pada era milenial saat ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Anwar,
Sudirman. 2019. Manajemen Perpustakaan.
Riau: Indragiri.
Hartono. 2015. Dasar-dasar
Manajemen perpustakaan dari Masa ke Masa. Malang: UIN-Maliki Press.
Siswanto.
2006. Pengantar Manajemen. Jakarta:
Bumi Aksara.
Wijaya, Candra dan
Muhammad Rifa’i. 2016. Dasar-Dasar
Manajemen. Medan: Perdana Publishing.
[1]
Sudirman anwar, Manajemen Perpustakaan, (Riau:
Indragiri, 2019), hlm. 1
[2]
Siswanto, Pengantar Manajemen, (Jakarta:
Bumi Aksara, 2006), hlm. 3.
[3]
Sudirman anwar, Manajemen Perpustakaan, (Riau:
Indragiri, 2019), hlm. 2-3
[4]
Ibid, hlm. 30
No comments:
Post a Comment