Thursday, 11 June 2020

Manajemen Perpustakaan STIP-AP

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI STI-PAP

 

DISUSUN OLEH:

KELOMPOK 2

MAYALIANA

MUHAMMAD RIFKY FANSURI

TASSYA RAMAYANI

KELAS: JIP-2

 

 

 

Gambar terkait

 

 

 

 

PRODI ILMU PERPUSTAKAAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

TAHUN AKADEMIK 2018/2019


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan atas  bagi kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan laporan hasil observasi kami tepat pada waktunya. Tak lupa, sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas kelompok untuk mata kuliah MAnajemen Perpustakaan I pada semester II dengan mengangkat tema “manajemen Perpustakaan STIP-AP”. Diharapkan, laporan ini dapat menambah pengetahuan pembaca.

Mungkin dalam penyusunan laporan ini, terdapat banyak kesalahan di dalamnya, maka dari itu kami harapkan kritik serta saran yang membangun sehingga di kemudian hari akan menjadi lebih baik. Kami berharap agar laporan ini akan bermanfaat bagi pembaca.

 

 

Medan, 29 April 2019

Disusun oleh,

 

 

Kelompok 2


 

DAFTAR ISI

Hal

KATA PENGANTAR................................................................................................................. i

DAFTAR ISI.............................................................................................................................. ii

BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang...................................................................................................................... 1

1.2  Rumusan Masalah................................................................................................................. 1

BAB II KONSEP DAN HIPOTESIS

2.1  Konsep.................................................................................................................................. 2

2.2  Hipotesis............................................................................................................................... 3

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

3.1  Teknik Pengumpulan Data................................................................................................... 4

3.2  Analisis Data......................................................................................................................... 5

BAB IV PENUTUP

4.1  Kesimpulan........................................................................................................................... 8

4.2  Saran.................................................................................................................................... 8

DAFTAR PUSTAKA................................................................................................................. 9

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Manajemen perpustakaan adalah adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi yang telah ditetapkan.  Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan dan lembaga penyedia informasi serta penyedia referensi dalam penulisan karya-karya ilmiah akan memiliki kinerja yang baik apabila didukung dengan manajemen yang memadai, sehingga seluruh aktivitas lembaga akan mampu untuk mencapai tujuan bersama yang sudah ditetapkan.

Untuk mengelola sebuah perpustakaan diperlukan kemampuan manajemen yang baik, agar arah kegiatan sesuai dengan visi yang diinginkan. Kemampuan manajemen itu juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan jika ada tujuan-tujuan berbeda agar mampu dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Berdasarkan pemaparan tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian langsung untuk mengetahui bagaimana proses atau cara memanajemen perpustakaan yang baik. Sangat penting mengetahui bagaimana cara memanajemen yang baik sebagai seorang pustakaan agar mampu mengelola informasi dengan baik.

A.    Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka dalam rumusan masalah daalm makalah ini adalah sebagai berikut:

1.      Bagaimana pengimplementasian manajemen di perpustakaan STIP-AP ?

2.      Apa saja kendala yang dihadapi dalam pengimplementasian manajemen perpustakaan STIP-AP?

3.      Apakah solusi yang dilakukan untuk menghadapi kendala yang dihadapi dalam pengimplementasian manajemen perpustakaan STIP-AP?


 

BAB II

KONSEP DAN HIPOTESIS

A.    Konep Manjemen Perpustakaan

Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dan fungsi manjemen. Jadi manajemen adalaha suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.[1] Secara definitif dalam Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), kata manajemen  dapat diartikan proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.

Istilah manajemen telah diartikan oleh berbagai pihak dengan berbagai perspektif, misalnya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan, pemimpin, ketatapengurusan, administrasi dan sebagainya. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan.[2] Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan dan pengarahan suatu kelompok iorang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasi.[3]

Jadi pengertian manajemen adalah proses kegiatan mengelola sumber daya manusia, materi agar dapat mencapai suatu tujuan. Manajemen sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena merupakan cara bagaimana dan mengapa manusia bekerja sama sehingga dapat mencapai tujuan yang sudah direncanakan secara sistematis.

Perpustakaan adalah unit kerja yang melakukan kegiamn/fungsi pengadaan, pengolahan,penyimpanan, dan pendayagunaan serta pemeliharaan atau pelestarian koleksi bahan pustaka untuk mendukung proses belajar-mengajar. Kegiatan-kegiatan/fungsi-fungsi tersebut dalam istilah perpustakaan dikelompokkan menjadi dua kegiatan layanan.

Orang yang melakukan manajemen disebut manajer, kegiatan seorang manajer, apapun yang dilaksanakan adalah untuk mencapai suatu tujuan dari (badan, instansi, organisasi, lembaga termasuk lembaga perpustakaan). Ruang lingkup kegiatannya atau yang disebut fungsi manajemen meliputi:

1.      Perencanaan (planning)

a.       Menentukan tujuan yang hendak dicapai dalam suatu waktu tertentu.

b.      Mennetukan sesuatu yang harus yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut

 

2.      Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

a.       Mengelompokkan sumber daya manusia

b.      Memutuskan berbagai kegiatan

c.       Memberikan kekuasaan untuk melaksanakan kegiatan tersebut

 

3.      Pengelolaan Tenaga Kerja (Staffing)

a.       Menentukan kebutuhan tenaga kerja

b.      Melakukan pengarahan tenaga kerja

c.       Melakukan penyaringan tenaga kerja

d.      Pelatihan dan pengembanan tenaga kerja

4.      Motivasi (motivating)

a.       Memberikan dorongan atau motivasi

b.      Memberikan pengarahan

 

5.      Pengontrolan dan pengawasasan (controlling)

a.       Mengukuhkan hasil pelaksanaa sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan

b.      Menganalisis penyebab terjadinya penyimpangan

c.       Melakukan tindakan korektif[4]

 

B.     Hipotesis

Hipotesis merupakan jaaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumuan penelitian dibuat dalam bentuk kalimat pertanyaan. Berdasarkan teori-teori yang telah dipaparkan di atas maka dapat dirrumuskan suatu hipotesis. Terdapat pengaruh hubungan pengelolaan perpustakaan STIP-AP terhadap peningkatan kunjungan mahasiswa.

 


 

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

A.    Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dana analisis dokumen pada perpustakaan STIP-AP

1.      Observasi

Observasi yang dilakukan  peneliti adalah observasi partisipatif, karena peneliti terlibat langsung dalam kegiatan orang yang sedang diamati sebagai sumber data penelitian. Observasi dilakukan dengan mengamati langsung ketika kegiatan manajemen perpustakaan STIP-AP  dilakukan oleh pustakawan.

2.      Teknik wawancara

Wawancara adalah dialog secara lisan. Teknik ini penulis lakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepala kepala perpustakaan STIP-AP untuk memperoleh data tentang gambaran umum perpustakaan tersebut. Wawancara ini penulis lakukan di perpustakaan STIP-AP. Wawancara yaitu tanya jawab yang dilakukan langsung oleh peneliti kepada informan untuk mengetahui lebih mendalam tentang manajemen perpustakaan nSTIP-AP.

 

 


 

B.     Analisis Data

1.      Visi Misi Perpustakaan STIP-AP

Visi

Mengelola dan mengembangkan perpustakaan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi di STIP-AP dan Program Diklat di LPP Kampus Medan.

Misi

Menjadi unit pelyanan yang mampu memberikan Servis Excellent kepada pengguna perpustakaan.

2.      Staff perpustakaan

Perpustakaan yang baik memiliki tenaga perpustakaan yang memadai, untuk melakukan tugas-tugas yang ada di perpustakaan. Tenaga perpustakaan merupakan orang yang berperan secara langsung dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang ada di perpustakaan.

Perpustakaaan STIP-AP memiliki 4 orang staff, yang terdiri dari 1 orang kepala perpustakaan dan 3 orang staff. Adapun nama staff, jabatan, dan latar belakang pendidikan yang bekerja di Perpustakaan STIP-AP dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Nama

Jabatan

Latar Belakanag Pendidikan

Sunyianto, S.Sos., M.I.Kom

Kepala Perpustakaan

Sarjana Perpustakaan dan Strata 2 Ilmu Komunikasi

Friska Aggraini, S.Sos., M.Pd

Staff pengolahan, pengadaan bahan pustaka, pelayanan referensi

Sarjana Perpustakaan dan Strata 2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fadhil Fraya, A.Md

Staff pengolahan, program automasi perpustakaan

Sarjana Muda Perpustakaan

Irwanto

Administrasi perpustakaan, selving

SMA

 

3.      Fasilitas Perpustakaan STIP-AP

Perpustakaan STIP-AP terdiri atas beberapa ruangan yaitu:

1)      Ruang baca

Ruang baca berada di ruangan pertama masuk kedalam perpustakaan STIP-AP. Di ruangan ini terdapat 6 meja dan di setiap meja terdapat beberapa kursi yang digunakan sebagai tempat membaca untuk beberapa orang. Selain itu di ruangan ini juga terdapat 4 buah komputer  dilengkapi dengan internet gratis yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mencari bahan pustaka online. Di sudut kanan ujung ruangan ini terdapat meja sirkulasi. Di sudut kiri pertama masuk terdapat loker sebanyak 24, loker ini digunakan untuk menyimpan tas atau barang milik  pemustaka agar aman serta agar tidak ada pemustaka yang memasukkan buku perpustakaan secara illegal. Di ruangan ini juga terdapat sebuah televisi, ac, kipas angin, vas bunga, keranjang sampah, 2 buah rak koleksi terbaru dan sebuah rak yang berisi koran.

2)      Ruang koleksi umun

Ruangan koleksi umum berada di belakang ruang baca. Diruanagn ini terdapat 10 rak buku dan 4 lemari untuk tugas akhir. Di ruangan ini terdapat 32 meja pribadi yg dilengkapi sebuah tempat duduk dan  16 meja diantaranya  dilengkapi  colokan listrik di setiap mejanya.

3)      Ruang Koleksi Referensi

Ruangan ini terdiri dari beberapa rak yang berisi koleksi referensi yaitu tugas akhir contohnya skripsi, tesis, disertasi dan sebagainya.

4)      Ruang pengolahan bahan pustaka

Ruangan ini bersebelahan dengan ruang koleksi umum. Terdapat beberapa rak buku dan 2 rak  jurnal penelitian. Di ruangan ini juga tedapat tempat untuk sholat dan menyediakan beberapa mukena.

5)      Ruang kepala perpustakaan

Ruangan ini berada di sebelah kanan ruang baca. Di ruangan ini lah kepala perpustakaan dan beberapa staff pegawai melakukan aktivitas nya yaitu mengelola data-data bahan pustaka.

6)      Ruang Gudang

Ruang gudang digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi agar perpustakaan terlihat rapid an lebih luas.

7)      Ruang toilet

Toilet letaknya bersebelahan dengan gudang.

 

4.      Struktur organisasi

Struktur organisasi sangat dibutuhkan oleh lembaga perguruan tinggi, perusahaan, maupun perpustakaan. Dengan adanya struktur organisasi akan membantu proses kegiatan kerja dalam sebuah lembaga.

Untuk menjalankan fungsinya, Perpustakaan STIP-AP mempunyai struktur organisasi sebagai berikut:

 

Ka. Perpustakaan

 
 


Automasi

 

Pengolahan

 

Bagian pelayanan

 

Referensi

 

Sirkulasi

 

Bagian teknis

 

Wakil Ketua I

 
     

BAB IV

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Manajemen adalah proses kegiatan mengelola sumber daya manusia, materi agar dapat mencapai suatu tujuan. Manajemen sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena merupakan cara bagaimana dan mengapa manusia bekerja sama sehingga dapat mencapai tujuan yang sudah direncanakan secara sistematis. Dalam manajemen perpustakaan modern organisasi atau kelembagaan perpustakaan merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Dalam suatu organisasi, setiap orang harus jelas tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya, begitu juga dalam hubungan dan tata  kerjanya.

Orang yang melakukan manajemen disebut manajer, kegiatan seorang manajer, apapun yang dilaksanakan adalah untuk mencapai suatu tujuan dari (badan, instansi, organisasi, lembaga termasuk lembaga perpustakaan). Ruang lingkup kegiatannya atau yang disebut fungsi manajemen meliputi Perencanaan (planning), Fungsi Pengorganisasian (Organizing), Pengelolaan Tenaga Kerja (Staffing), Motivasi (motivating), Pengontrolan dan pengawasan (controlling).

Fungsi manajemen terpenting yang kedua  adalah pengorganisasian, yaitu fungsi yang dijalankan para manajer di semua tingkatan. Hasil pengorganisasian merupakan terorganisasinya semua aktivitas sehingga tugas dan fungsinya deengan baik untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi pengorganisasian sangat menentukan kelancaran pelaksanaan berupa pengaturan lebih lanjut mengenai kekuasaan, pekerjaan, dan tanggung jawab sehingga setiap orang tahu apa keduduakan, tugas, fungsi, pekerjaan, tanggungjawab, kewajiban, dan hak serta wewenangnya.

 

A.    Saran

Sesuai kesimpulan di atas penulis menyarankan agar kita sebagai mahasiswa/i program studi ilmu Perpustakaan untuk mengetahui apa itu manajemen serta bagaimana memanajemen perpustakaan secara sistematis. Agar kita mampu menjadi seorang pustakawan yang berkompeten dalam mengelola perpustakaan dan mampu mengikuti arus perkembangan teknologi informasi supaya dapat berorientasi sesuai dengan kebutuhan pengguna perpustakaan (user orientic), sehingga perpustakaan terdistrupsi pada era milenial saat ini.


 

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Sudirman. 2019. Manajemen Perpustakaan. Riau: Indragiri.

Hartono. 2015.  Dasar-dasar Manajemen perpustakaan dari Masa ke Masa. Malang: UIN-Maliki Press.

Siswanto. 2006. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, Candra dan Muhammad Rifa’i. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

 



[1] Sudirman anwar, Manajemen Perpustakaan, (Riau: Indragiri, 2019), hlm. 1

[2] Siswanto, Pengantar Manajemen, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), hlm. 3.

[3] Sudirman anwar, Manajemen Perpustakaan, (Riau: Indragiri, 2019), hlm. 2-3

[4] Ibid, hlm. 30

 


No comments:

Post a Comment

TOKOH TASAWUF DI INDONESIA

BAB II PEMBAHASAN A.     TOKOH TASAWUF DI INDONESIA Berikut merupakan beberapa tokoh-tokoh tasawuf di Indonesia: 1.       Hamzah Fan...