KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN PEMBENTUKAN TIM DALAM PERPUSTAKAAN
DAFTAR ISI
hal
KATA
PENGANTAR...................................................................................................... i
DAFTAR
ISI...................................................................................................................... ii
PENDAHULUAN............................................................................................................. 1
A.
Latar Belakang........................................................................................................ 1
B.
Rumusan Masalah.................................................................................................... 1
C.
Tujuan...................................................................................................................... 2
PEMBAHASAN................................................................................................................ 3
A.
Pengetian Kepemimpinan Partisipatif..................................................................... 3
B.
Gaya Kepemimpinan Partisipatif............................................................................ 5
C.
Model Pemimpin Partisipatif.................................................................................. 8
D.
Mengembangkan Kerjasama Tim............................................................................ 9
E.
Peran Pemimpin dalam Organisasi yang
Berbasis Tim........................................... 9
F.
Tindakan Pemimpin yang dapat membantu mengembangkan
Kerjasama Tim...... 10
PENUTUP
A. Kesimpulan.............................................................................................................. 12
DAFTAR
PUSTAKA....................................................................................................... 13
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perpustakaan
sebagai lembaga informasi, dalam proses manajemennya terdiri dari perencanaan,
pengorganisasian, penganggaran, kepemimpinan, dan pengawasan. Dalam pelaksanaan
nya semua hal diatas memerlukan interaksi pemimpin dan yang di pimpin. Hubungan
kedua elemen inin memengaruhi kinerja perpustakaan yang amat ditentukan oleh
kepemimpinan yang berfungsi atas dasar kekuasaan untuk mengajak dan
menggerakkan orang lain untuk melakukan kegiatan demi mencapai tujuan tertentu.
Membuat keputusan
adalah salah satu fungsi yang paling penting yang dilakukan oleh para
pemimpin.Banyak aktivitas para manajer dan administrator yang berupa perbuatan
dan pelaksanaan keputusan, termasuk merencanakan pekerjaan, memecahkan
masalah-masalah teknis, memilih para bawahan, menentukan kenaikan upah membuat
penugasan kerja, dan sebagainya. Kepemimpinan partisipatif melibatkan
usaha-usaha manajer untuk mendorong dan memudahkan partisipasi orang lain dalam
pengambilan keputusan yang penting.
Kepemimpinan partisipatif merupakan subjek yang menjembatani
pendekatan kekuasaan dan pendekatan perilaku dalam kepemimpinan.Penelitian
mengenai partisipatif menekankan perspektif pemimpin mengenai pembagian
kekuasaan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan
kepemimpinan Partisipatif?
2.
Bagaimana Gaya
Kepemimpinan Partisipatif?
3.
Bagaimana Model Pemimpin Partisipatif?
4.
Bagaimana Mengembangkan Kerjasama Tim?
5.
Bagaimana Peran Pemimpin dalam Organisasi
yang Berbasis Tim?
6.
Bagaimana Tindakan
Pemimpin yang dapat membantu mengembangkan Kerjasama Tim?
C. Tujuan
1.
Untuk
mengetahui kepemimpinan Partisipatif.
2.
Untuk
mengetahui Gaya Kepemimpinan Partisipatif.
3.
Untuk
mengetahui Model Pemimpin
Partisipatif.
4.
Untuk
mengetahui Mengembangkan Kerjasama Tim.
5.
Untuk
mengetahui Peran Pemimpin dalam
Organisasi yang Berbasis Tim.
6.
Untuk
mengetahui Tindakan Pemimpin yang dapat membantu mengembangkan
Kerjasama Tim.
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Kepemimpinan Partisipatif
B.
he Leadership in libraries plays an important
role in providing effective library service to the clients.
C.
The Library manager/librarian has to be
scholar, good leader and a cultured human being who is
D.
sympathetic and concerned towards the staff
and patron’s needs. Library work is a team work and
E.
librarian has the responsibility to bring
about proper coordination among various sections to achieve
F.
the prime objectives, i.e. users’
satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple
G.
levels by staff in a library. The
MortensonCenter report(2004) recommends active participation of
H.
library professionals in library leadership programs to
I. he Leadership in
libraries plays an important role in providing effective library service to the
clients.
J. The Library
manager/librarian has to be scholar, good leader and a cultured human being who
is
K.
sympathetic and concerned towards the staff
and patron’s needs. Library work is a team work and
L.
librarian has the responsibility to bring
about proper coordination among various sections to achieve
M.
the prime objectives, i.e. users’
satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple
N.
levels by staff in a library. The
MortensonCenter report(2004) recommends active participation of
O.
library professionals in library leadership programs to
P.
he Leadership in libraries plays an important
role in providing effective library service to the clients.
Q.
The Library manager/librarian has to be
scholar, good leader and a cultured human being who is
R.
sympathetic and concerned towards the staff
and patron’s needs. Library work is a team work and
S. librarian has the
responsibility to bring about proper coordination among various sections to
achieve
T.
the prime objectives, i.e. users’
satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple
U.
levels by staff in a library. The
MortensonCenter report(2004) recommends active participation of
V.
library professionals in library leadership programs to
W.
X.
Good leaders are followed mainly because people trust and respect them for their leadership qualities
Y.
(http://ezinearticles.com/). Good looks,
height are not necessary to become a leader, but to be vocal
Z.
having a tremendous convincing power to get
the works done are positively necessary for a good
AA.
leaders, The diagram given below illustrates
some of the characteristics of effective
leadership;
BB.
Figure 1: Characteristics of effective
leadership skills for librarians
CC.
Many scholars view leadership as a product of
the situation. A person with particular qualities or traits
DD.
that a situation requires emerges as a leader.
Good leaders recognize the needs of the subordinates
EE.
and help them to overcome the obstacles in
satisfying those needs. A leader influences other’s
FF.
behaviour by his charisma and concern.
GG.
5. LEADERSHIP IN LIBRARIES
HH.
The Leadership in libraries plays an important
role in providing effective library service to the clients.
II.
The Library manager/librarian has to be
scholar, good leader and a cultured human being who is
JJ.
sympathetic and concerned towards the staff
and patron’s needs. Library work is a team work and
KK.
librarian has the responsibility to bring
about proper coordination among various sections to achieve
LL.
the prime objectives, i.e. users’
satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple
MM. levels by staff in a
library. The MortensonCenter report(2004) recommends active participation of
NN.
library professionals in library leadership programs to
OO.
PP.
Good leaders are followed mainly because people trust and respect them for their leadership qualities
QQ.
(http://ezinearticles.com/). Good looks,
height are not necessary to become a leader, but to be vocal
RR.
having a tremendous convincing power to get
the works done are positively necessary for a good
SS.
leaders, The diagram given below illustrates
some of the characteristics of effective
leadership;
TT.
Figure 1: Characteristics of effective
leadership skills for librarians
UU.
Many scholars view leadership as a product of
the situation. A person with particular qualities or traits
VV.
that a situation requires emerges as a leader.
Good leaders recognize the needs of the subordinates
WW. and help them to overcome
the obstacles in satisfying those needs. A leader influences other’s
XX.
behaviour by his charisma and concern.
YY.
5. LEADERSHIP IN LIBRARIES
ZZ.
The Leadership in libraries plays an important
role in providing effective library service to the clients.
AAA. The Library
manager/librarian has to be scholar, good leader and a cultured human being who
is
BBB. sympathetic and concerned
towards the staff and patron’s needs. Library work is a team work and
CCC. librarian has the
responsibility to bring about proper coordination among various sections to
achieve
DDD. the prime objectives,
i.e. users’ satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at
multiple
EEE. levels by staff in a
library. The MortensonCenter report(2004) recommends active participation of
FFF. library professionals in
library leadership programs to
The
leadership in libraries plays an important role in providing effective library
service to the clients. The library manager/librarian has to be scholar, good
leader and a cultured human being who is sympathetic and concerned towards the
staff and patron’s needs. Library work is a team work and librarian has the
responsibility to bring about proper coordination among various sections to
achieve the prime objectives, i.e. users satisfaction. Leadership should be
legitimately exercised at multiple levels by staff in a library. The
MontersonCenter report (2004) recommends active participation of library
professionals in libraryleadership programs to.
·
Nurture and educate future library
administrators and ICT library leaders
·
Maintain exposure to emerging best
practices within the profession
·
Develop leadership skills
·
Encourage partnerships across
national boundaries
The above
developments have huge implications for library management, strategy
formulation, staff development, organizational culture and most importantly
change management. But it has to be led by individuals who recognize it as a
reinvigorate practice of librarianship. The revived practice of librarianship
will bring following outcomes.
·
A self-sustaining independent
library leadership centre
·
Well designed comprehensive library
leadership plan
·
High level of measurable improved
skills
·
Developed cadre of well trained
library leaders
·
A team of library trainers
·
User-centric enriched document collection
·
Electronic library contest, shared
by many users at a time
·
Higher level of satisfaction among
staff and patrons.
The libraries should be focused on introduction to Web
technologies, dynamic librarianship, bringing the best in library management,
leadership development, improved communication & interpersonal skills,
user’s need management, ethics & leadership, reconciliation and cultural
integration in the workplace, knowledge management, competitive intelligence,
marketing and branding of information products, discussion of application of
recent trends in libraries etc. most importantly the networking within the
libraries should be strengthened. Keeping in view the above constraints,
library leaders have significant role to play in future development of
libraries[1].
Good leaders are followed mainly because people trust and respect them for their leadership qualities
(http://ezinearticles.com/). Good looks, height are not
necessary to become a leader, but to be vocal
having a tremendous convincing power to get the works done are
positively necessary for a good
leaders, The diagram given below illustrates some of the characteristics
of effective leadership;
Figure 1: Characteristics of effective leadership skills for
librarians
Many scholars view leadership as a product of the situation. A
person with particular qualities or traits
that a situation requires emerges as a leader. Good leaders
recognize the needs of the subordinates
and help them to overcome the obstacles in satisfying those
needs. A leader influences other’s
behaviour by his charisma and concern.
5. LEADERSHIP IN LIBRARIES
The Leadership in libraries plays an important role in providing
effective library service to the clients.
The Library manager/librarian has to be scholar, good leader and
a cultured human being who is
sympathetic and concerned towards the staff and patron’s needs.
Library work is a team work and
librarian has the responsibility to bring about proper
coordination among various sections to achieve
the prime objectives, i.e. users’ satisfaction. Leadership
should be legitimately exercised at multiple
levels by staff in a library. The MortensonCenter report(2004)
recommends active participation of
library professionals in library leadership programsPerpustakaan sebagai lembaga informasi, dalam proses
manajemennya terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penganggaran,
kepemimpinan, dan pengawasan. Dalam pelaksanaan nya semua hal diatas memerlukan
interaksi pemimpin dan yang di pimpin. Hubungan kedua elemen inin memengaruhi
kinerja perpustakaan yang amat ditentukan oleh kepemimpinan yang berfungsi atas
dasar kekuasaan untuk mengajak dan menggerakkan orang lain untuk melakukan
kegiatan demi mencapai tujuan tertentuPemimpin merupakan faktor penentu dalam
upaya pencapaian tujuan suatu usaha, lembaga, dan organisasi. Kualitas pemimpin
menentukan keberhasilan lembaga atau organisasi yang dipimpinnya. Pemimpin yang
mampu mengelola organisasi/lembaga akan dapat mempengaruhi orang lain secara
konstruktif, maupun menunjukkan jalan, dan menunjukkan prilaku yang benar harus
dikerjakan bersama-sama. Oleh karena itu, pemimpin harus mampu mengantisipasi
perubahan-perubahan yang terjadi, mengoreksi kelemahan-kelemahan dan membawa
organisasi/lembaga kesasaran yang jelas dalam jangka waktu tertentu.
Kepemimpinan
adalah masalah hubungan antar yang dipimpin dan pemimpin. Dalam hal ini
kepemimpinan pada umumnya berfungsi atas dasar kekuasaan pimpinan dalam usaha
yang mengajak dan menggerakkan orang lain untuk melakukan kegiatan dalam rangka
pencapaian tujuan lembaga[2].
Kepemimpinan
partisipatif adalah pemimpin yang bersedia memberikan kesempatan, yang luas
kepada bawahannya, untuk ikot serta berbagai langkah dalam proses administrasi,
mulai dari penentuan tujuan, perumusan dalam kebijaksanaan dan berbagai fungsi
lainnya untuk meningkatkan produktivitas organisasi. Gaya kepemimpinan ini,
pemimpin berusaha meminta dan mempergunakan saran-saran dari bawahannya, tetapi
pengambilan keputusan masih tetap berada pada bawahannya, tetapi pengambilan
keputusan masih tetap berada pada diri pemimpin tersebut. Pemimpin yang
partisipatif berunding dengan para bawahan dan menggunakan saran-saran mereka
sebelum mengambil suatu keputusan[3].
Menurut Badeni (2013) pemimpin
yang partisipatif mendesentralisasikan otoritas kepada karyawan. Hal ini
berdampak pada keputusan-keputusan yang dibuat tidak secara sepihak tetapi
secara partisipatif. Seolah dipertegas, Gruenberg (1980) menyatakan bahwa
adanya indikasi turunnya semangat dan kegairahan kerja ditunjukkan dengan
tingginya tingkat absensi dan perpindahan pegawai dimana hal ini muncul sebagai
akibat dari kepemimpinan yang tidak disenangi. Dari kedua pendekatan tersebut
dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan memiliki dampak (pengaruh)
yang nyata pada kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitian ini juga mendukung
penelitian yang dilakukan oleh Elisabeth A. Sorentino (1992), “The Effect of
Head Nurse Behavior on Nurse Job Satisfaction and Performance”, dimana hasil
penelitiannya yaitu dorongan dan semangat yang diberikan oleh kepala perawat
berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja dari perawat. Dalam gaya kepemimpinan partisipatif, ide dapat mengalir
dari bawah (anggota) karena posisi kontrol atas pemecahan suatu masalah dan
pembuatan keputusan dipegang secara bergantian. Pemimpin memberikan ruang gerak
bagi para bawahan untuk dapat berpartisipasi dalam pembuatan suatu keputusan
serta adanya suasana persahabatan dan hubungan saling percaya antar pimpinan
dan anggota.
Kepemimpinan
partisipatif berkaitan erat dengan penggunaan berbagai macam prosedur
pengambilan keputusan yang memberikan kepada orang lain suatu pengaruh tertentu
apalagi terhadap keputusan-keputusan pemimpin tersebut. Pada kepemimpinan ini,
pemimpin memiliki gaya yang lebih menekankan pada kerja kelompok sampai di
tingkat bawah. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemimpin biasanya menunjukkan
keterbukaan dan memberikan kepercayaan yang tinggi pada bawahan. Sehingga dalam
proses pengambilan keputusan dan penentuan target pemimpin selalu melibatkan
bawahan. Dalam sistem ini pun, pola komunikasi yang terjadi adalah pola dua
arah dengan memberikan kebebasan kepada bawahan untuk mengungkapkan seluruh ide
ataupun permasalahannya yang terkait dengan pelaksanaan pekerjaan.
Terdapat tiga istilah
yang terkait dengan kepemimpinan partisipatif, yaitu: a) Konsultasi, yaitu
pimpinan menanyakan opini dan gagasan bawahan, kemudian pemimpin mengambil
keputusan; b) Keputusan bersama, yaitu pimpinan bersama-sama bawahan mengambil
sebuah keputusan dan keputusan tersebut menjadi keputusan final; dan c)
Pendelegasian, di mana seorang pemimpin memberikan kewenangan dan tanggung
jawab kepada individu atau kelompok untuk mengambil sebuah keputusan.
B. Gaya Kepemimpianan Partisipatif
Dessler (2002:27) mengatakan bahwa menjadi pemimpin yang
partisipatif berarti melibatkan anggota tim dalam pembuatan keputusan. Hal ini
terutama penting manakala pemikiran kreatif diperlukan untuk memecahkan masalah
yang kompleks atau membuat keputusan yang akan berdampak pada anggota tim.
Adapun definisi kepemimpinan partisipatif
menurut Yuki (dalam Husain 2011:12) terdapat empat poin penting yaitu:
1.
Mengembangkan
dan mempertahankan hubungan
2.
Memperoleh
dan member informasi
3.
Membuat
keputusan
4.
Mempengaruhi
orang.
Gaya
kepemimpinan partisipatif lebih menekankan pada tingginya dukungan dalam
pembuatan keputusan dan kebijakan tetapi sedikit pengarahan. Gaya pemimpin yang
tinggi dukungan dan rendah pengarahan dirujuk sebagai “partisipatif” karena
posisi kontrol atas pemecahan masalah dan pembuatan keputusan dipegang secara
bergantian. Dengan penggunaan gaya partisipatif ini, pemimpin dan bawahan
saling tukar menukar ide dalam pemecahan masalah dan pembuatan keputusan. Dalam
aktivitas menjalankan organisasi, pemimpin yang menerapkan gaya ini cenderung
berorientasi kepada bawahan dengan mencoba untuk lebih memotivasi bawahan
dibandingkan mengawasi mereka dengan ketat. Mereka mendorong para anggota untuk
melaksanakan tugas-tugas dengan memberikan kesempatan bawahan untuk
berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, menciptakan suasana persahabatan
serta hubungan-hubungan saling mempercayai dan menghormati dengan para anggota
kelompok.
Selain
itu gaya ini berupaya untuk meningkatkan kesadaran bawahan terhadap
persoalan-persoalan dan mempengaruhi bawahan untuk melihat perspektif baru.
Melalui gaya ini, pemimpin terus merangsang kreativitas bawahan dan mendorong
untuk menemukan pendekatan-pendekatan baru terhadap masalah-masalah lama.
Bawahan didorong untuk berpikir mengenai relevansi cara, sistem nilai,
kepercayaan, harapan, dan bentuk organisasi yang ada. Bawahan didorong untuk
melakukan inovasi dalam menyelesaikan persoalan dan berkreasi untuk
mengembangkan kemampuan diri, didorong untuk menetapkan tujuan atau sasaran
yang menantang. Dengan kata lain, bawahan diberi kesempatan untuk
mengekspresikan dan mengembangkan dirinya melalui tugas-tugas yang dihadapinya.
Pemimpin gaya partisipatif menunjukkan perilaku dan perhatian terhadap anak
buah yang sifatnya individual (individual consideration). Artinya dia bisa
memahami dan peka terhadap masalah dan kebutuhan tiap-tiap anak buahnya. Hal
ini tercermin dari persepsi anak buah yang merasa bahwa sang pemimpin mampu
memahami dirinya sebagai individu.
Gaya
kepemimpinan partisipatif menyangkut usaha-usaha seorang pemimpin untuk
mendorong dan memudahkan partisipasi oleh orang lain dalam membuat
keputusan-keputusan yang tidak dibuat oleh pemimpin itu sendiri. Gaya
kepemimpinan partisipatif adalah seorang pemimpin yang mengikutsertakan bawahan
dalam pengambilan keputusan. Adapun aspek-aspek dalam gaya kepemimpinan
partisipatif mencakup konsultasi, pengambilan keputusan bersama, membagi
kekuasaan, desentralisasi dan manajemen yang demokratis. Indikator langsung
dari adanya kepemimpinan partisipatif ini terletak pada perilaku para
pengikutnya yang didasarkan pada persepsi karyawan terhadap gaya kepemimpinan
yang digunakan (Thoha,2004:46).
Partisipatif
adalah berkaitan dengan tingkat kematangan dari sedang ke tinggi.Seorang
pengikut atau bawahan pada tingkat perkembangan ini memiliki kemampuan tetapi
tidak berkeinginan untuk melakukan suatu tugas yang diberikan. Ketidakinginan
mereka itu seringkali disebabkan karena kurangnya keyakinan. Namun bila mereka
yakin atas kemampuannya tetapi tidak mau maka keengganan mereka untuk
melaksanakan tugas tersebut lebih merupakan persoalan motivasi dibandingkan
persoalan keamanan. Dalam kasus-kasus seperti ini pemimpin perlu membuka
komunikasi atau arah dan secara aktif mendengar dan mendukung usaha-usaha para
pengikut untuk menggunakan kemampuan yang telah mereka miliki. Dengan demikian
gaya yang mendukung, tanpa mengarahkan, partisipatif mempunyai tingkat
keberhasilan yang tinggi untuk diterapkan bagi individu dengan tingkat
kematangan seperti ini. Gaya ini disebut partisipatif karena pemimpin atau
pengikut selain tukar-menukar ide dalam pembuatan keputusan, dengan peranan
pimpinan yang utama memberikan fasilitas dan berkomunikasi. Gaya ini melibatkan
perilaku hubungan kerja yang tinggi dan perilaku berorientasi tugas yang
rendah. Pada gaya kepemimimpinan ini, seorang pengikut memungkinkan untuk
mengemukakan ide atau gagasan yang dimilikinya sehingga mereka memperoleh
kesempatan untuk mewujudkan perannya dalam kelompok, dimana mereka memiliki
kemampuan yang setiap saat dapat diberdayakan pemimpin bagi kemajuan kelompok
dan organisasi yang dikutinya.
C. Model Pemimpin Partisipatif
Victor Vroom dan Philip Yetton mengembangkan sebuah model pimpinan
partisipatif (leader-participation model) yang mengaitkan perilaku
kepemimpinan dan partisipasi dalam pembuatan keputusan.Menyadari bahwa struktur
tugas memiliki beraneka tuntutan untuk aktivitas-aktivitas rutin dan non rutin,
kedua peneliti ini mengatakan bahwa perilaku pemimpin harus disesuaikan untuk
mencerminkan struktur tugas tersebut.Model yang dikembangkan Vroom dan Yetton
tersebut bersifat normatif-model itu menyediakan serangkaian peraturan yang
harus diikuti ketika menentukan bentuk dan besarnya partisipasi dalam pembuatan
keputusan, seperti ditentukan dari berbagai situasi yang berbeda.Model pemimpin
partisipatif merupakan sebuah batang tubuh keputusan yang menginkorporasikan
tujuh kemungkinan yang relevansinya bisa diidentifikasi dengan membuat pilihan
iya atau tidak. Dan lima gaya kepemimpinan alternatif, penelitian yang lebih
baru dari Vroom dan Arthur Jago menghasilkan revisi bagi model ini. Model hasil
revisi ini tetap mempertahankan lima gaya kepemimpinan alternatif yang sama
mulai dari pengambilan keputusan yang sepenuhnya oleh pemimpin sampai pembagian
masalah dengan kelompok dan pengembangan konsesnsus tetapi sembari menambahkan
jenis masalahnya dan mengembangkan variable-variabel kemungkinannya menjadi 12.
Penelitian yang bertujuan menguji model pemimpin partisipatif yang
asli maupun yang merupakan hasil revisi belum memberikan hasil yang membesarkan
hati, meskipun model yang disebut terakhir ini mendapat nilai yang lebih tinggi
dalam hal efektivitas.Kritik umumnya terfokus pada berbagai variabel yang
dihapuskan dan pada kerumitan model ini. Teori-teori kemungkinan yang lain
menunjukkan bahwa stress, kecerdasan, dan pengalaman merupakan variabel
situasional yang penting. Namun model pemimpin partisipatif tidak
mencakupnya.Lebih penting setidak-tidaknya dari sudut pandang prakus adalah
pernyataan bahwa model ini terlalu rumit untuk digunakan oleh kebanyakan
manajer dalam situasi yang biasa. Meskipun Vroom dan Jago telah mengembangkan
sebuah program komputer untuk membimbing para manajer melalui semua cabang
keputusan dalam model yang telah mereka revisi, merupakan hal yang sangat tidak
realistis untuk mengharapkan para manajer. Mempertimbangkan dua belas variabel
kemungkinan, delapan jenis masalah, dan lima gaya kepemimpinan secara bersamaan
ketika berusaha memilih proses keputusan yang tepat untuk satu masalah tertentu[4].
D. Mengembangkan Kerjasama Tim
Kesulitan
dalam memahami tim adalah kata tim dan kerjasama tim yang sering
digunakan secara berlebihan dan diterapkan secara longgar. Bagi sebagian orang,
tim hanyalah istilah lain untuk kelompok. Sebagaimana digunakan di sini,
tim adalah kelompok kerja yang harus bergantung pada kolaborasi sehingga
setiap anggotanya mengalami keberhasilan dan pencapaian yang optimal. Kerjasama adalah pekerjaan yang
dilakukan dengan pemahaman dan komitmen terhadap tujuan kelompok pada bagian
semua anggota tim. Semua tim adalah kelompok, tetapi tidak semua kelompok
adalah tim. Tim
menyelesaikan banyak produk kerja bersama, sedangkan kelompok anggota terkadang
bekerja lebih mandiri.Tim termasuk dalam peran kepemimpinan, sedangkan anggota
kelompok memiliki pemimpin yang kuat. Dalam sebuah tim terdapat
pertanggungjawaban individu dan bersama; Sebaliknya, kelompok menekankan
pertanggungjawaban individu.
E. Peran Pemimpin Dalam Organisasi Yang Berbasis Tim
Meskipun tujuan penting dari sebuah organisasi berbasis tim adalah
untuk anggota kelompok supaya berpartisipasi dalam kegiatan kepemimpinan dan
manajemen, pemimpin masih memainkan peran yang penting. Bahkan, mereka belajar
untuk memimpin dengan cara baru. Organisasi berbasis tim membutuhkan pemimpin
yang memiliki pengetahuan dalam proses tim dan dapat membantu dengan
antarpribadi tuntutan tim, misalnya, dengan memberikan umpan balik dan
menyelesaikan konflik. Seringnya pemimpin adalah fasilitator yang bekerja
dengan dua atau tiga tim pada satu waktu. Dia membantu mereka tetap fokus
ketika perbedaan kepribadian dan gaya dalam bekerja membuat masalah. Tanpa
kepemimpinan yang efektif, tim bisa hancur, pergi terlalu jauh atau tidak
cukup jauh, melupakan misi mereka, dan menjadi terhalang oleh konflik
antarpribadi. Kepemimpinan yang efektif sangat penting di awal sejarah kelompok
untuk membantu mencapai potensinya. Peran kunci seorang pemimpin dalam sebuah
organisasi berbasis tim adalah sebagai berikut:
1.
Membangun
kepercayaan dan memberikan inspirasi pada tim
2.
Membina
anggota tim dan anggota kelompok sehingga meningkatkan tingkat kinerja
3.
Memfasilitasi
dan mendukung keputusan tim
4.
Mengembangkan
kemampuan tim
5.
Menciptakan
identitas tim
6.
Mengantisipasi
dan memengaruhi perubahan
7.
Menginspirasi
tim sampai meningkatkan tingkat kinerja[5].
F. Tindakan
Pemimpin Yang Dapat Membantu Mengembangkan Kerjasama Tim
Adapun tindakan
pemimpin yang dapat membantu mengembangkan kerjasama tim, yaitu sebagai
berikut:
1.
Mendefinisikan
Misi Tim
Pemimpin
dapat menentukan misi ketika tim terbentuk atau pada waktu lainnya.
Mengembangkan misi untuk tim lama merupakan penyegaran dalam kegiatannya.
Berkomitmen dengan misi adalah untuk meningkatkan kerja sama tim. Dialog yang
diperlukan untuk mengembangkan misi jelas diartikulasikan untuk menetapkan
iklim di mana anggota tim dapat mengekspresikan perasaan, ide, gagasan dan
opini. Kepemimpinan partisipatif diperlukan dalam mengembangkan misi,
seperti dalam kebanyakan cara lain untuk meningkatkan kerja sama tim. Untuk
membantu dalam melaksanakan misi, pemimpin dapat menentukan tugas-tugas tim,
atau bekerja dengan kelompok dalam mendefinisikan tugas-tugasnya. Anggota tim
kemudian dapat mengidentifikasi sub-tugas yang merupakan tanggung jawab yang
dimiliki masing-masing anggota[6].
2.
Membangun
Iklim Kepercayaan
Jika anggota tim atau pemimpin tidak percaya satu sama lain n,
tidak mungkin mereka akan bekerja bersama-sama. Seperti catatan Kouzes dan
Posne, bahwa kepercayaan adalah jantung dalam kolaborasi. Anggota tim yang
tidak saling percaya tidak akan bergantung pada satu sama lain dan tidak
akan bekerja dengan baik sebagai sebuah tim. Sebuah titik awal dalam membangun
iklim kepercayaan bagi pemimpin adalah dengan dapat dipercaya dan terlibat
dalam banyak perilaku yang dapat dipercaya lainnya. Mendorong komunikasi
terbuka tentang masalah dan berbagi informasi adalah dua cara tertentu yang
dilakukan oleh pemimpin dan dapat membantu dalam membentuk atau membangun
sebuah iklim kepercayaan .
3.
Menekankan
Kebanggaan untuk Menjadi Luar Biasa
Sebuah cara standar untuk membangun semangat tim adalah untuk
membantu kelompok menyadari mengapa harus bangga atas suatu prestasi. Sebagian
besar kelompok sangat baik di beberapa tugas.Pemimpin harus membantu kelompok
mengidentifikasi bahwa tugas atau karakteristik dan dorongan atau dukungan
adalah sebagai kekuatan kunci.
4.
Mengembangkan
Norma Kerjasama Tim, termasuk Kecerdasan Emosional
Pernyataan normatif tentang kerja sama tim dengan anggota tim yang berpengaruh
juga bermanfaat dalam memperkuat norma kerja sama tim.
5.
Melayani
sebagai Sebuah Model Kerjasama Tim, termasuk Pembagian Kekuasaan
Sebuah cara yang ampuh bagi seorang pemimpin untuk mendorong kerja
sama tim adalah menjadi model positif dari permainan tim. Dan salah satu cara
untuk menunjukkan kerja sama tim adalah dengan mengungkapkan informasi penting
tentang ide-ide dan sikap yang relevan dengan kerja kelompok. Sebagai hasil
dari perilaku ini, anggota tim dapat mengikutinya. Pengungkapan diri seorang
pemimpin mendorong kerja sama tim karena mengarah kepada persepsi dan perhatian
bersama.
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kepemimpinan partisipatif adalah pemimpin yang bersedia memberikan
kesempatan, yang luas kepada bawahannya, untuk ikut serta berbagai langkah
dalam proses administrasi, mulai dari penentuan tujuan, perumusan dalam
kebijaksanaan dan berbagai fungsi lainnya untuk meningkatkan produktivitas
organisasi. Gaya kepemimpinan ini, pemimpin berusaha meminta dan mempergunakan
saran-saran dari bawahannya, tetapi pengambilan keputusan masih tetap berada
pada bawahannya, tetapi pengambilan keputusan masih tetap berada pada diri
pemimpin tersebut. Pemimpin yang partisipatif berunding dengan para bawahan dan
menggunakan saran-saran mereka sebelum mengambil suatu keputusan.
Gaya
kepemimpinan partisipatif menyangkut usaha-usaha seorang pemimpin untuk
mendorong dan memudahkan partisipasi oleh orang lain dalam membuat
keputusan-keputusan yang tidak dibuat oleh pemimpin itu sendiri. Gaya kepemimpinan
partisipatif adalah seorang pemimpin yang mengikutsertakan bawahan dalam
pengambilan keputusan. Adapun aspek-aspek dalam gaya kepemimpinan partisipatif
mencakup konsultasi, pengambilan keputusan bersama, membagi kekuasaan,
desentralisasi dan manajemen yang demokratis.
Model
pemimpin partisipatif merupakan sebuah batang tubuh keputusan yang
menginkorporasikan tujuh kemungkinan yang relevansinya bisa diidentifikasi
dengan membuat pilihan iya atau tidak. Dan lima gaya kepemimpinan alternatif,
penelitian yang lebih baru dari Vroom dan Arthur Jago menghasilkan revisi bagi
model ini. Model hasil revisi ini tetap mempertahankan lima gaya kepemimpinan
alternatif yang sama mulai dari pengambilan keputusan yang sepenuhnya oleh
pemimpin sampai pembagian masalah dengan kelompok dan pengembangan konsesnsus
tetapi sembari menambahkan jenis masalahnya dan mengembangkan variable-variabel
kemungkinannya menjadi 12.
DAFTAR PUSTAKA
Khairizah Astria,
Noor Irwan,dkk. 2001. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan.
Jurnal Administrasi Publik.03(07).
268-272.
Lasa. 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media.
Narang Asha, Kumar
Jatinder. 2016. Leadership Competencies for librarians. Intenational Juornal of Library.03 (14). 33.
Robbins Stephen P, Judge Timothy
A. 2008. Perilaku Organisai. Jakarta:
Salemba.
Setiawan Andre.
2017. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui
Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja. Jurnal
Ilmu Perpustakaan. 05(03). 213-223.
[1] Asha Narang,
Jtinder Kumar. Leadership Competencies for librarians (Intenational Juornal of Libraryno.03.vol.14)hlm, 33
[2]
Lasa. Manajemen Perpustakaan (Yogyakarta:
Gama Media,2005), hlm 78
[3] Khairizah Astria,
Noor Irwan,dkk .Pengaruh Gaya Kepemimpinan
Terhadap Kinerja Karyawan(jurnal administrasi Publik no.03, vol.07) hlm,268
[4] Stepe P.
Robbins,Timothy A.Judge.prilaku
Organisasi(jakarta: Salemba, 2008) hlm, 69
[5] Ibid, hlm 71
[6] Andre Setiawan,
Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi
Kerja dan Kepuasan Kerja (Jurnal Ilmu
Perpustakaan, no.05,vol.03) hlm, 213
No comments:
Post a Comment