Wednesday, 10 June 2020

KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN PEMBENTUKAN TIM DALAM PERPUSTAKAAN

KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN PEMBENTUKAN TIM DALAM PERPUSTAKAAN

 

DAFTAR ISI

                                                                                                                                                                                            hal

KATA PENGANTAR...................................................................................................... i

DAFTAR ISI...................................................................................................................... ii

PENDAHULUAN............................................................................................................. 1

A.    Latar Belakang........................................................................................................ 1

B.     Rumusan Masalah.................................................................................................... 1

C.     Tujuan...................................................................................................................... 2

PEMBAHASAN................................................................................................................ 3

A.    Pengetian Kepemimpinan Partisipatif..................................................................... 3

B.     Gaya Kepemimpinan Partisipatif............................................................................ 5

C.     Model Pemimpin Partisipatif.................................................................................. 8

D.    Mengembangkan Kerjasama Tim............................................................................ 9

E.     Peran Pemimpin dalam Organisasi yang Berbasis Tim........................................... 9

F.      Tindakan Pemimpin yang dapat membantu mengembangkan Kerjasama Tim...... 10

PENUTUP

A.    Kesimpulan.............................................................................................................. 12

DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 13


PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Perpustakaan sebagai lembaga informasi, dalam proses manajemennya terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, kepemimpinan, dan pengawasan. Dalam pelaksanaan nya semua hal diatas memerlukan interaksi pemimpin dan yang di pimpin. Hubungan kedua elemen inin memengaruhi kinerja perpustakaan yang amat ditentukan oleh kepemimpinan yang berfungsi atas dasar kekuasaan untuk mengajak dan menggerakkan orang lain untuk melakukan kegiatan demi mencapai tujuan tertentu.

Membuat keputusan adalah salah satu fungsi yang paling penting yang dilakukan oleh para pemimpin.Banyak aktivitas para manajer dan administrator yang berupa perbuatan dan pelaksanaan keputusan, termasuk merencanakan pekerjaan, memecahkan masalah-masalah teknis, memilih para bawahan, menentukan kenaikan upah membuat penugasan kerja, dan sebagainya. Kepemimpinan partisipatif melibatkan usaha-usaha manajer untuk mendorong dan memudahkan partisipasi orang lain dalam pengambilan keputusan yang penting.

Kepemimpinan partisipatif merupakan subjek yang menjembatani pendekatan kekuasaan dan pendekatan perilaku dalam kepemimpinan.Penelitian mengenai partisipatif menekankan perspektif pemimpin mengenai pembagian kekuasaan.

 

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan Partisipatif?

2.      Bagaimana Gaya Kepemimpinan Partisipatif?

3.      Bagaimana Model Pemimpin Partisipatif?

4.      Bagaimana Mengembangkan Kerjasama Tim?

5.      Bagaimana Peran Pemimpin dalam Organisasi yang Berbasis Tim?

6.      Bagaimana Tindakan Pemimpin yang dapat membantu mengembangkan Kerjasama Tim?

 

 

 

 

C.    Tujuan 

1.      Untuk mengetahui kepemimpinan Partisipatif.

2.      Untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan Partisipatif.

3.      Untuk mengetahui Model Pemimpin Partisipatif.

4.      Untuk mengetahui Mengembangkan Kerjasama Tim.

5.      Untuk mengetahui Peran Pemimpin dalam Organisasi yang Berbasis Tim.

6.      Untuk mengetahui Tindakan Pemimpin yang dapat membantu mengembangkan Kerjasama Tim.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Kepemimpinan Partisipatif

B.                       he Leadership in libraries plays an important role in providing effective library service to the clients.

C.                       The Library manager/librarian has to be scholar, good leader and a cultured human being who is

D.                       sympathetic and concerned towards the staff and patron’s needs. Library work is a team work and

E.                       librarian has the responsibility to bring about proper coordination among various sections to achieve

F.                        the prime objectives, i.e. users’ satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple

G.                      levels by staff in a library. The MortensonCenter report(2004) recommends active participation of

H.                      library professionals in library leadership programs to

I.   he Leadership in libraries plays an important role in providing effective library service to the clients.

J.  The Library manager/librarian has to be scholar, good leader and a cultured human being who is

K.                      sympathetic and concerned towards the staff and patron’s needs. Library work is a team work and

L.                       librarian has the responsibility to bring about proper coordination among various sections to achieve

M.                    the prime objectives, i.e. users’ satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple

N.                       levels by staff in a library. The MortensonCenter report(2004) recommends active participation of

O.                      library professionals in library leadership programs to

P.                        he Leadership in libraries plays an important role in providing effective library service to the clients.

Q.                      The Library manager/librarian has to be scholar, good leader and a cultured human being who is

R.                       sympathetic and concerned towards the staff and patron’s needs. Library work is a team work and

S. librarian has the responsibility to bring about proper coordination among various sections to achieve

T.                       the prime objectives, i.e. users’ satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple

U.                       levels by staff in a library. The MortensonCenter report(2004) recommends active participation of

V.                       library professionals in library leadership programs to

W.                

X.                       Good leaders are followed mainly because people trust and respect them for their leadership qualities

Y.                       (http://ezinearticles.com/). Good looks, height are not necessary to become a leader, but to be vocal

Z.                       having a tremendous convincing power to get the works done are positively necessary for a good

AA.             leaders, The diagram given below illustrates some of the characteristics of  effective leadership;

BB.              Figure 1: Characteristics of effective leadership skills for librarians

CC.             Many scholars view leadership as a product of the situation. A person with particular qualities or traits

DD.             that a situation requires emerges as a leader. Good leaders recognize the needs of the subordinates

EE.              and help them to overcome the obstacles in satisfying those needs. A leader influences other’s

FF.                behaviour by his charisma and concern.

GG.           5.  LEADERSHIP IN LIBRARIES

HH.           The Leadership in libraries plays an important role in providing effective library service to the clients.

II.                      The Library manager/librarian has to be scholar, good leader and a cultured human being who is

JJ.                   sympathetic and concerned towards the staff and patron’s needs. Library work is a team work and

KK.           librarian has the responsibility to bring about proper coordination among various sections to achieve

LL.              the prime objectives, i.e. users’ satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple

MM.      levels by staff in a library. The MortensonCenter report(2004) recommends active participation of

NN.             library professionals in library leadership programs to

OO.       

PP.                Good leaders are followed mainly because people trust and respect them for their leadership qualities

QQ.           (http://ezinearticles.com/). Good looks, height are not necessary to become a leader, but to be vocal

RR.             having a tremendous convincing power to get the works done are positively necessary for a good

SS.                 leaders, The diagram given below illustrates some of the characteristics of  effective leadership;

TT.              Figure 1: Characteristics of effective leadership skills for librarians

UU.             Many scholars view leadership as a product of the situation. A person with particular qualities or traits

VV.             that a situation requires emerges as a leader. Good leaders recognize the needs of the subordinates

WW.     and help them to overcome the obstacles in satisfying those needs. A leader influences other’s

XX.             behaviour by his charisma and concern.

YY.             5.  LEADERSHIP IN LIBRARIES

ZZ.              The Leadership in libraries plays an important role in providing effective library service to the clients.

AAA.  The Library manager/librarian has to be scholar, good leader and a cultured human being who is

BBB.     sympathetic and concerned towards the staff and patron’s needs. Library work is a team work and

CCC.  librarian has the responsibility to bring about proper coordination among various sections to achieve

DDD.  the prime objectives, i.e. users’ satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple

EEE.     levels by staff in a library. The MortensonCenter report(2004) recommends active participation of

FFF.       library professionals in library leadership programs to

The leadership in libraries plays an important role in providing effective library service to the clients. The library manager/librarian has to be scholar, good leader and a cultured human being who is sympathetic and concerned towards the staff and patron’s needs. Library work is a team work and librarian has the responsibility to bring about proper coordination among various sections to achieve the prime objectives, i.e. users satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple levels by staff in a library. The MontersonCenter report (2004) recommends active participation of library professionals in libraryleadership programs to.

·         Nurture and educate future library administrators and ICT library leaders

·         Maintain exposure to emerging best practices within the profession

·         Develop leadership skills

·         Encourage partnerships across national boundaries

The above developments have huge implications for library management, strategy formulation, staff development, organizational culture and most importantly change management. But it has to be led by individuals who recognize it as a reinvigorate practice of librarianship. The revived practice of librarianship will bring following outcomes.

·         A self-sustaining independent library leadership centre

·         Well designed comprehensive library leadership plan

·         High level of measurable improved skills

·         Developed cadre of well trained library leaders

·         A team of library trainers

·         User-centric enriched document collection

·         Electronic library contest, shared by many users at a time

·         Higher level of satisfaction among staff and patrons.

The libraries should be focused on introduction to Web technologies, dynamic librarianship, bringing the best in library management, leadership development, improved communication & interpersonal skills, user’s need management, ethics & leadership, reconciliation and cultural integration in the workplace, knowledge management, competitive intelligence, marketing and branding of information products, discussion of application of recent trends in libraries etc. most importantly the networking within the libraries should be strengthened. Keeping in view the above constraints, library leaders have significant role to play in future development of libraries[1].

Good leaders are followed mainly because people trust and respect them for their leadership qualities

(http://ezinearticles.com/). Good looks, height are not necessary to become a leader, but to be vocal

having a tremendous convincing power to get the works done are positively necessary for a good

leaders, The diagram given below illustrates some of the characteristics of  effective leadership;

Figure 1: Characteristics of effective leadership skills for librarians

Many scholars view leadership as a product of the situation. A person with particular qualities or traits

that a situation requires emerges as a leader. Good leaders recognize the needs of the subordinates

and help them to overcome the obstacles in satisfying those needs. A leader influences other’s

behaviour by his charisma and concern.

5.  LEADERSHIP IN LIBRARIES

The Leadership in libraries plays an important role in providing effective library service to the clients.

The Library manager/librarian has to be scholar, good leader and a cultured human being who is

sympathetic and concerned towards the staff and patron’s needs. Library work is a team work and

librarian has the responsibility to bring about proper coordination among various sections to achieve

the prime objectives, i.e. users’ satisfaction. Leadership should be legitimately exercised at multiple

levels by staff in a library. The MortensonCenter report(2004) recommends active participation of

library professionals in library leadership programsPerpustakaan sebagai lembaga informasi, dalam proses manajemennya terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, kepemimpinan, dan pengawasan. Dalam pelaksanaan nya semua hal diatas memerlukan interaksi pemimpin dan yang di pimpin. Hubungan kedua elemen inin memengaruhi kinerja perpustakaan yang amat ditentukan oleh kepemimpinan yang berfungsi atas dasar kekuasaan untuk mengajak dan menggerakkan orang lain untuk melakukan kegiatan demi mencapai tujuan tertentuPemimpin merupakan faktor penentu dalam upaya pencapaian tujuan suatu usaha, lembaga, dan organisasi. Kualitas pemimpin menentukan keberhasilan lembaga atau organisasi yang dipimpinnya. Pemimpin yang mampu mengelola organisasi/lembaga akan dapat mempengaruhi orang lain secara konstruktif, maupun menunjukkan jalan, dan menunjukkan prilaku yang benar harus dikerjakan bersama-sama. Oleh karena itu, pemimpin harus mampu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi, mengoreksi kelemahan-kelemahan dan membawa organisasi/lembaga kesasaran yang jelas dalam jangka waktu tertentu.

Kepemimpinan adalah masalah hubungan antar yang dipimpin dan pemimpin. Dalam hal ini kepemimpinan pada umumnya berfungsi atas dasar kekuasaan pimpinan dalam usaha yang mengajak dan menggerakkan orang lain untuk melakukan kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan lembaga[2].

Kepemimpinan partisipatif adalah pemimpin yang bersedia memberikan kesempatan, yang luas kepada bawahannya, untuk ikot serta berbagai langkah dalam proses administrasi, mulai dari penentuan tujuan, perumusan dalam kebijaksanaan dan berbagai fungsi lainnya untuk meningkatkan produktivitas organisasi. Gaya kepemimpinan ini, pemimpin berusaha meminta dan mempergunakan saran-saran dari bawahannya, tetapi pengambilan keputusan masih tetap berada pada bawahannya, tetapi pengambilan keputusan masih tetap berada pada diri pemimpin tersebut. Pemimpin yang partisipatif berunding dengan para bawahan dan menggunakan saran-saran mereka sebelum mengambil suatu keputusan[3].

Menurut Badeni (2013) pemimpin yang partisipatif mendesentralisasikan otoritas kepada karyawan. Hal ini berdampak pada keputusan-keputusan yang dibuat tidak secara sepihak tetapi secara partisipatif. Seolah dipertegas, Gruenberg (1980) menyatakan bahwa adanya indikasi turunnya semangat dan kegairahan kerja ditunjukkan dengan tingginya tingkat absensi dan perpindahan pegawai dimana hal ini muncul sebagai akibat dari kepemimpinan yang tidak disenangi. Dari kedua pendekatan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan memiliki dampak (pengaruh) yang nyata pada kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitian ini juga mendukung penelitian yang dilakukan oleh Elisabeth A. Sorentino (1992), “The Effect of Head Nurse Behavior on Nurse Job Satisfaction and Performance”, dimana hasil penelitiannya yaitu dorongan dan semangat yang diberikan oleh kepala perawat berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja dari perawat. Dalam gaya kepemimpinan partisipatif, ide dapat mengalir dari bawah (anggota) karena posisi kontrol atas pemecahan suatu masalah dan pembuatan keputusan dipegang secara bergantian. Pemimpin memberikan ruang gerak bagi para bawahan untuk dapat berpartisipasi dalam pembuatan suatu keputusan serta adanya suasana persahabatan dan hubungan saling percaya antar pimpinan dan anggota.

Kepemimpinan partisipatif berkaitan erat dengan penggunaan berbagai macam prosedur pengambilan keputusan yang memberikan kepada orang lain suatu pengaruh tertentu apalagi terhadap keputusan-keputusan pemimpin tersebut. Pada kepemimpinan ini, pemimpin memiliki gaya yang lebih menekankan pada kerja kelompok sampai di tingkat bawah. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemimpin biasanya menunjukkan keterbukaan dan memberikan kepercayaan yang tinggi pada bawahan. Sehingga dalam proses pengambilan keputusan dan penentuan target pemimpin selalu melibatkan bawahan. Dalam sistem ini pun, pola komunikasi yang terjadi adalah pola dua arah dengan memberikan kebebasan kepada bawahan untuk mengungkapkan seluruh ide ataupun permasalahannya yang terkait dengan pelaksanaan pekerjaan.

Terdapat tiga istilah yang terkait dengan kepemimpinan partisipatif, yaitu: a) Konsultasi, yaitu pimpinan menanyakan opini dan gagasan bawahan, kemudian pemimpin mengambil keputusan; b) Keputusan bersama, yaitu pimpinan bersama-sama bawahan mengambil sebuah keputusan dan keputusan tersebut menjadi keputusan final; dan c) Pendelegasian, di mana seorang pemimpin memberikan kewenangan dan tanggung jawab kepada individu atau kelompok untuk mengambil sebuah keputusan.

 

B.     Gaya Kepemimpianan Partisipatif

Dessler (2002:27) mengatakan bahwa menjadi pemimpin yang partisipatif berarti melibatkan anggota tim dalam pembuatan keputusan. Hal ini terutama penting manakala pemikiran kreatif diperlukan untuk memecahkan masalah yang kompleks atau membuat keputusan yang akan berdampak pada anggota tim.

             Adapun definisi kepemimpinan partisipatif menurut Yuki (dalam Husain 2011:12) terdapat empat poin penting yaitu:

1.      Mengembangkan dan mempertahankan hubungan

2.      Memperoleh dan member informasi

3.      Membuat keputusan

4.      Mempengaruhi orang.

Gaya kepemimpinan partisipatif lebih menekankan pada tingginya dukungan dalam pembuatan keputusan dan kebijakan tetapi sedikit pengarahan. Gaya pemimpin yang tinggi dukungan dan rendah pengarahan dirujuk sebagai “partisipatif” karena posisi kontrol atas pemecahan masalah dan pembuatan keputusan dipegang secara bergantian. Dengan penggunaan gaya partisipatif ini, pemimpin dan bawahan saling tukar menukar ide dalam pemecahan masalah dan pembuatan keputusan. Dalam aktivitas menjalankan organisasi, pemimpin yang menerapkan gaya ini cenderung berorientasi kepada bawahan dengan mencoba untuk lebih memotivasi bawahan dibandingkan mengawasi mereka dengan ketat. Mereka mendorong para anggota untuk melaksanakan tugas-tugas dengan memberikan kesempatan bawahan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, menciptakan suasana persahabatan serta hubungan-hubungan saling mempercayai dan menghormati dengan para anggota kelompok.

Selain itu gaya ini berupaya untuk meningkatkan kesadaran bawahan terhadap persoalan-persoalan dan mempengaruhi bawahan untuk melihat perspektif baru. Melalui gaya ini, pemimpin terus merangsang kreativitas bawahan dan mendorong untuk menemukan pendekatan-pendekatan baru terhadap masalah-masalah lama. Bawahan didorong untuk berpikir mengenai relevansi cara, sistem nilai, kepercayaan, harapan, dan bentuk organisasi yang ada. Bawahan didorong untuk melakukan inovasi dalam menyelesaikan persoalan dan berkreasi untuk mengembangkan kemampuan diri, didorong untuk menetapkan tujuan atau sasaran yang menantang. Dengan kata lain, bawahan diberi kesempatan untuk mengekspresikan dan mengembangkan dirinya melalui tugas-tugas yang dihadapinya. Pemimpin gaya partisipatif menunjukkan perilaku dan perhatian terhadap anak buah yang sifatnya individual (individual consideration). Artinya dia bisa memahami dan peka terhadap masalah dan kebutuhan tiap-tiap anak buahnya. Hal ini tercermin dari persepsi anak buah yang merasa bahwa sang pemimpin mampu memahami dirinya sebagai individu.

Gaya kepemimpinan partisipatif menyangkut usaha-usaha seorang pemimpin untuk mendorong dan memudahkan partisipasi oleh orang lain dalam membuat keputusan-keputusan yang tidak dibuat oleh pemimpin itu sendiri. Gaya kepemimpinan partisipatif adalah seorang pemimpin yang mengikutsertakan bawahan dalam pengambilan keputusan. Adapun aspek-aspek dalam gaya kepemimpinan partisipatif mencakup konsultasi, pengambilan keputusan bersama, membagi kekuasaan, desentralisasi dan manajemen yang demokratis. Indikator langsung dari adanya kepemimpinan partisipatif ini terletak pada perilaku para pengikutnya yang didasarkan pada persepsi karyawan terhadap gaya kepemimpinan yang digunakan (Thoha,2004:46).

Partisipatif adalah berkaitan dengan tingkat kematangan dari sedang ke tinggi.Seorang pengikut atau bawahan pada tingkat perkembangan ini memiliki kemampuan tetapi tidak berkeinginan untuk melakukan suatu tugas yang diberikan. Ketidakinginan mereka itu seringkali disebabkan karena kurangnya keyakinan. Namun bila mereka yakin atas kemampuannya tetapi tidak mau maka keengganan mereka untuk melaksanakan tugas tersebut lebih merupakan persoalan motivasi dibandingkan persoalan keamanan. Dalam kasus-kasus seperti ini pemimpin perlu membuka komunikasi atau arah dan secara aktif mendengar dan mendukung usaha-usaha para pengikut untuk menggunakan kemampuan yang telah mereka miliki. Dengan demikian gaya yang mendukung, tanpa mengarahkan, partisipatif mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi untuk diterapkan bagi individu dengan tingkat kematangan seperti ini. Gaya ini disebut partisipatif karena pemimpin atau pengikut selain tukar-menukar ide dalam pembuatan keputusan, dengan peranan pimpinan yang utama memberikan fasilitas dan berkomunikasi. Gaya ini melibatkan perilaku hubungan kerja yang tinggi dan perilaku berorientasi tugas yang rendah. Pada gaya kepemimimpinan ini, seorang pengikut memungkinkan untuk mengemukakan ide atau gagasan yang dimilikinya sehingga mereka memperoleh kesempatan untuk mewujudkan perannya dalam kelompok, dimana mereka memiliki kemampuan yang setiap saat dapat diberdayakan pemimpin bagi kemajuan kelompok dan organisasi yang dikutinya.

 

 

C.     Model Pemimpin Partisipatif

Victor Vroom dan Philip Yetton mengembangkan sebuah model pimpinan partisipatif (leader-participation model) yang mengaitkan perilaku kepemimpinan dan partisipasi dalam pembuatan keputusan.Menyadari bahwa struktur tugas memiliki beraneka tuntutan untuk aktivitas-aktivitas rutin dan non rutin, kedua peneliti ini mengatakan bahwa perilaku pemimpin harus disesuaikan untuk mencerminkan struktur tugas tersebut.Model yang dikembangkan Vroom dan Yetton tersebut bersifat normatif-model itu menyediakan serangkaian peraturan yang harus diikuti ketika menentukan bentuk dan besarnya partisipasi dalam pembuatan keputusan, seperti ditentukan dari berbagai situasi yang berbeda.Model pemimpin partisipatif merupakan sebuah batang tubuh keputusan yang menginkorporasikan tujuh kemungkinan yang relevansinya bisa diidentifikasi dengan membuat pilihan iya atau tidak. Dan lima gaya kepemimpinan alternatif, penelitian yang lebih baru dari Vroom dan Arthur Jago menghasilkan revisi bagi model ini. Model hasil revisi ini tetap mempertahankan lima gaya kepemimpinan alternatif yang sama mulai dari pengambilan keputusan yang sepenuhnya oleh pemimpin sampai pembagian masalah dengan kelompok dan pengembangan konsesnsus tetapi sembari menambahkan jenis masalahnya dan mengembangkan variable-variabel kemungkinannya menjadi 12.

Penelitian yang bertujuan menguji model pemimpin partisipatif yang asli maupun yang merupakan hasil revisi belum memberikan hasil yang membesarkan hati, meskipun model yang disebut terakhir ini mendapat nilai yang lebih tinggi dalam hal efektivitas.Kritik umumnya terfokus pada berbagai variabel yang dihapuskan dan pada kerumitan model ini. Teori-teori kemungkinan yang lain menunjukkan bahwa stress, kecerdasan, dan pengalaman merupakan variabel situasional yang penting. Namun model pemimpin partisipatif tidak mencakupnya.Lebih penting setidak-tidaknya dari sudut pandang prakus adalah pernyataan bahwa model ini terlalu rumit untuk digunakan oleh kebanyakan manajer dalam situasi yang biasa. Meskipun Vroom dan Jago telah mengembangkan sebuah program komputer untuk membimbing para manajer melalui semua cabang keputusan dalam model yang telah mereka revisi, merupakan hal yang sangat tidak realistis untuk mengharapkan para manajer. Mempertimbangkan dua belas variabel kemungkinan, delapan jenis masalah, dan lima gaya kepemimpinan secara bersamaan ketika berusaha memilih proses keputusan yang tepat untuk satu masalah tertentu[4].

 

D.    Mengembangkan Kerjasama Tim

Kesulitan dalam memahami tim adalah kata tim dan kerjasama tim yang sering digunakan secara berlebihan dan diterapkan secara longgar. Bagi sebagian orang, tim hanyalah istilah lain untuk kelompok. Sebagaimana digunakan di sini, tim adalah kelompok kerja yang harus bergantung pada kolaborasi sehingga setiap anggotanya mengalami keberhasilan dan  pencapaian yang optimal. Kerjasama adalah pekerjaan yang dilakukan dengan pemahaman dan komitmen terhadap tujuan kelompok pada bagian semua anggota tim. Semua tim adalah kelompok, tetapi tidak semua kelompok adalah tim. Tim menyelesaikan banyak produk kerja bersama, sedangkan kelompok anggota terkadang bekerja lebih mandiri.Tim termasuk dalam peran kepemimpinan, sedangkan anggota kelompok memiliki pemimpin yang kuat. Dalam sebuah tim terdapat pertanggungjawaban individu dan bersama; Sebaliknya, kelompok menekankan  pertanggungjawaban individu.

 

E.     Peran Pemimpin Dalam Organisasi Yang Berbasis Tim

Meskipun tujuan penting dari sebuah organisasi berbasis tim adalah untuk anggota kelompok supaya berpartisipasi dalam kegiatan kepemimpinan dan manajemen, pemimpin masih memainkan peran yang penting. Bahkan, mereka belajar untuk memimpin dengan cara baru. Organisasi berbasis tim membutuhkan pemimpin yang memiliki pengetahuan dalam proses tim dan dapat membantu dengan antarpribadi tuntutan tim, misalnya, dengan memberikan umpan  balik dan menyelesaikan konflik. Seringnya pemimpin adalah fasilitator yang bekerja dengan dua atau tiga tim pada satu waktu. Dia membantu mereka tetap fokus ketika perbedaan kepribadian dan gaya dalam bekerja membuat masalah. Tanpa kepemimpinan yang efektif, tim  bisa hancur, pergi terlalu jauh atau tidak cukup jauh, melupakan misi mereka, dan menjadi terhalang oleh konflik antarpribadi. Kepemimpinan yang efektif sangat penting di awal sejarah kelompok untuk membantu mencapai potensinya. Peran kunci seorang pemimpin dalam sebuah organisasi berbasis tim adalah sebagai berikut:

 

1.      Membangun kepercayaan dan memberikan inspirasi pada tim

2.      Membina anggota tim dan anggota kelompok sehingga meningkatkan tingkat kinerja

3.      Memfasilitasi dan mendukung keputusan tim

4.      Mengembangkan kemampuan tim

5.      Menciptakan identitas tim

6.      Mengantisipasi dan memengaruhi perubahan

7.      Menginspirasi tim sampai meningkatkan tingkat kinerja[5].

 

F.      Tindakan Pemimpin Yang Dapat Membantu Mengembangkan Kerjasama Tim

Adapun tindakan pemimpin yang dapat membantu mengembangkan kerjasama tim, yaitu sebagai berikut:

1. Mendefinisikan Misi Tim

Pemimpin dapat menentukan misi ketika tim terbentuk atau pada waktu lainnya. Mengembangkan misi untuk tim lama merupakan penyegaran dalam kegiatannya. Berkomitmen dengan misi adalah untuk meningkatkan kerja sama tim. Dialog yang diperlukan untuk mengembangkan misi jelas diartikulasikan untuk menetapkan iklim di mana anggota tim dapat mengekspresikan perasaan, ide, gagasan dan opini. Kepemimpinan  partisipatif diperlukan dalam mengembangkan misi, seperti dalam kebanyakan cara lain untuk meningkatkan kerja sama tim. Untuk membantu dalam melaksanakan misi, pemimpin dapat menentukan tugas-tugas tim, atau bekerja dengan kelompok dalam mendefinisikan tugas-tugasnya. Anggota tim kemudian dapat mengidentifikasi sub-tugas yang merupakan tanggung jawab yang dimiliki masing-masing anggota[6].

2.    Membangun Iklim Kepercayaan

Jika anggota tim atau pemimpin tidak percaya satu sama lain n, tidak mungkin mereka akan bekerja bersama-sama. Seperti catatan Kouzes dan Posne, bahwa kepercayaan adalah jantung dalam kolaborasi. Anggota tim yang tidak saling percaya tidak akan  bergantung pada satu sama lain dan tidak akan bekerja dengan baik sebagai sebuah tim. Sebuah titik awal dalam membangun iklim kepercayaan bagi pemimpin adalah dengan dapat dipercaya dan terlibat dalam banyak perilaku yang dapat dipercaya lainnya. Mendorong komunikasi terbuka tentang masalah dan berbagi informasi adalah dua cara tertentu yang dilakukan oleh pemimpin dan dapat membantu dalam membentuk atau membangun sebuah iklim kepercayaan .

3.    Menekankan Kebanggaan untuk Menjadi Luar Biasa

Sebuah cara standar untuk membangun semangat tim adalah untuk membantu kelompok menyadari mengapa harus bangga atas suatu prestasi. Sebagian besar kelompok sangat baik di beberapa tugas.Pemimpin harus membantu kelompok mengidentifikasi bahwa tugas atau karakteristik dan dorongan atau dukungan adalah sebagai kekuatan kunci.

4.    Mengembangkan Norma Kerjasama Tim, termasuk Kecerdasan Emosional

Pernyataan normatif tentang kerja sama tim dengan anggota tim yang berpengaruh  juga bermanfaat dalam memperkuat norma kerja sama tim.

5.    Melayani sebagai Sebuah Model Kerjasama Tim, termasuk Pembagian Kekuasaan

Sebuah cara yang ampuh bagi seorang pemimpin untuk mendorong kerja sama tim adalah menjadi model positif dari permainan tim. Dan salah satu cara untuk menunjukkan kerja sama tim adalah dengan mengungkapkan informasi penting tentang ide-ide dan sikap yang relevan dengan kerja kelompok. Sebagai hasil dari perilaku ini, anggota tim dapat mengikutinya. Pengungkapan diri seorang pemimpin mendorong kerja sama tim karena mengarah kepada persepsi dan perhatian bersama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Kepemimpinan partisipatif adalah pemimpin yang bersedia memberikan kesempatan, yang luas kepada bawahannya, untuk ikut serta berbagai langkah dalam proses administrasi, mulai dari penentuan tujuan, perumusan dalam kebijaksanaan dan berbagai fungsi lainnya untuk meningkatkan produktivitas organisasi. Gaya kepemimpinan ini, pemimpin berusaha meminta dan mempergunakan saran-saran dari bawahannya, tetapi pengambilan keputusan masih tetap berada pada bawahannya, tetapi pengambilan keputusan masih tetap berada pada diri pemimpin tersebut. Pemimpin yang partisipatif berunding dengan para bawahan dan menggunakan saran-saran mereka sebelum mengambil suatu keputusan.

Gaya kepemimpinan partisipatif menyangkut usaha-usaha seorang pemimpin untuk mendorong dan memudahkan partisipasi oleh orang lain dalam membuat keputusan-keputusan yang tidak dibuat oleh pemimpin itu sendiri. Gaya kepemimpinan partisipatif adalah seorang pemimpin yang mengikutsertakan bawahan dalam pengambilan keputusan. Adapun aspek-aspek dalam gaya kepemimpinan partisipatif mencakup konsultasi, pengambilan keputusan bersama, membagi kekuasaan, desentralisasi dan manajemen yang demokratis.

Model pemimpin partisipatif merupakan sebuah batang tubuh keputusan yang menginkorporasikan tujuh kemungkinan yang relevansinya bisa diidentifikasi dengan membuat pilihan iya atau tidak. Dan lima gaya kepemimpinan alternatif, penelitian yang lebih baru dari Vroom dan Arthur Jago menghasilkan revisi bagi model ini. Model hasil revisi ini tetap mempertahankan lima gaya kepemimpinan alternatif yang sama mulai dari pengambilan keputusan yang sepenuhnya oleh pemimpin sampai pembagian masalah dengan kelompok dan pengembangan konsesnsus tetapi sembari menambahkan jenis masalahnya dan mengembangkan variable-variabel kemungkinannya menjadi 12.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Khairizah Astria, Noor Irwan,dkk. 2001. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Publik.03(07). 268-272.

Lasa. 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media.

Narang Asha, Kumar Jatinder. 2016. Leadership Competencies for librarians. Intenational Juornal of Library.03 (14). 33.

Robbins Stephen P, Judge Timothy A. 2008. Perilaku Organisai. Jakarta: Salemba.

Setiawan Andre. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 05(03). 213-223.

 

 



[1] Asha Narang, Jtinder Kumar. Leadership Competencies for librarians (Intenational Juornal of Libraryno.03.vol.14)hlm, 33

[2] Lasa. Manajemen Perpustakaan (Yogyakarta: Gama Media,2005), hlm 78

[3] Khairizah Astria, Noor Irwan,dkk .Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan(jurnal administrasi Publik no.03, vol.07) hlm,268

[4] Stepe P. Robbins,Timothy A.Judge.prilaku Organisasi(jakarta: Salemba, 2008) hlm, 69

[5] Ibid, hlm 71

[6] Andre Setiawan, Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja (Jurnal Ilmu Perpustakaan, no.05,vol.03) hlm, 213


No comments:

Post a Comment

TOKOH TASAWUF DI INDONESIA

BAB II PEMBAHASAN A.     TOKOH TASAWUF DI INDONESIA Berikut merupakan beberapa tokoh-tokoh tasawuf di Indonesia: 1.       Hamzah Fan...