CRITICAL JOURNAL REVIEW
REFERENCE
SERVICE EFFECTIVENESS
(EFEKTIVITAS LAYANAN REFERENSI)
OLEH
:
NAMA : MAYALIANA
NIM :
0601182113
KELAS : IP-2
MATKUL : LAYANAN REFERENSI
PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU
SOSIAL
UIN SUMATERA
UTARA MEDAN
TAHUN AKADEMIK 2019/2020
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan atas bagi kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat
dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan Critical Journal Review tepat pada waktunya. Tak lupa, sholawat serta salam semoga
senantiasa terlimpah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW.
Critical
Journal Review ini dibuat untuk memenuhi tugas individu untuk mata kuliah Layanan
Referensi pada semester IV dengan
mengangkat jurnal yang berjudul Reference Service Effectiveness (Efektivitas Layanan
Referensi).
Mungkin dalam penyusunan Critical Journal Review ini, terdapat banyak kesalahan di dalamnya, maka dari itu saya harapkan kritik serta saran
yang membangun sehingga di kemudian hari akan menjadi lebih baik. Saya berharap agar makalah ini akan
bermanfaat bagi pembaca.
Sipispis, 3 April 2020
Disusun oleh,
Mayaliana
DAFTAR ISI
Hal
KATA PENGANTAR........................................................................................................... 2
DAFTAR ISI.......................................................................................................................... 3
PENDAHULUAN................................................................................................................ 4
RINGKASAN JURNAL........................................................................................................ 5
A. Identitas Jurnal.................................................................................................................. 5
B. Ringkasan Jurnal............................................................................................................... 5
PEMBAHASAN.................................................................................................................... 7
PENUTUP.............................................................................................................................. 8
A. Kesimpulan...................................................................................................................... 8
B. Saran................................................................................................................................ 8
PENDAHULUAN
Layanan Referensi adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan
di perpustakaan yang khusus melayankan/menyajikan koleksi referensi kepada para
pemakai/pengunjung perpustakaan .Layanan referensi merupakan salah satu jasa
perpustakaan yang disediakan bagi pengguna untuk menemukan informasi yang
dibutuhkannya. Suatu kegiatan pelayanan untuk membantu para pemakai pengunjung
perpustakaan menemukan informasi dengan cara : Menerima pertanyaan-pertanyaan
dari para pemakai/pengunjung perpustakaan dan kemudian menjawab dengan
menggunakan koleksi referensi; Memberi bimbingan untuk menemukan koleksi
referensi dan mencari informasi yang dibutuhkan; Memberi bimbingan kepada para
pemakai tentang penggunaan bahan pustaka koleksi referensi.
Menurut William A. Katz mengatakan bahwa fokus dari layanan
referensi adalah pada pemberian jawaban atas pertanyaan referensi atau
pencarian informasi Fungsi utama setiap perpustakaan adalah mengadakan,
mengolah, menyediakan dan menyebarkan informasi kepada para pemakai. Untuk
melaksanakan fungsi tersebut maka perpustakaan harus mengelola koleksinya
sehingga informasi yang terdapat dalam koleksinya dapat dimanfaatkan secara
optimal. Perpustakaan bisa dijadikan tempat untuk memperoleh beragam sumber
informasi bagi pemustaka yang sedang
Beragamnya informasi yang tersedia di perpustakaan memerlukan
beragam layanan yang harus disediakan. Adapun Pelayanan yang dapat diberikan
oleh perpustakaan adalah: pelayanan sirkulasi, pelayanan referensi, pelayanan
bimbingan pemakai, pelayanan penelusuran informasi, pelayanan fotokopi, dan
sebagainya. Pelayanan tersebut diberikan agar perpustakaan dapat memenuhi
kebutuhan informasi dari penggunanya, dengan tujuan memberikan kepuasan kepada
pengguna dalam mendapatkan informasi.
RINGKASAN JURNAL
A.
Identitas Jurnal
Judul Jurnal :
Reference service effectiveness (efektivitas
layanan referensi)
Nama Penulis :
Jo Bell Whitlatch
Email Penulis : San Jose State University,
jobell.whitlatch@sjsu.edu
Lembaga Penulis :
San Jose State University (SJSU ScholarWorks)
Tahun Terbit :
1990/01/01
B.
Ringkasan Jurnal
Efektivitas Layanan
Referensi
Organisasi pelayanan menjadi lebih penting dalam kehidupan
kita sehari-hari seperti Amerika Serikat berubah dari manufaktur untuk
masyarakat berorientasi layanan lebih. Dalam dua dekade terakhir, para sarjana
dalam bisnis, psikologi, dan sosiologi telah mulai mengeksplorasi perbedaan
antara produk dalam pembuatan dan organisasi pelayanan.
Organisasi Layanan
Perpustakaan adalah jenis tertentu dari organisasi jasa
dan pustakawan dapat belajar banyak tentang efektivitas pelayanan publik
perpustakaan dengan menerapkan teori yang dipinjam dari disiplin lain juga
terlibat dalam mempelajari organisasi pelayanan. Referensi effectivenss
telah diukur dalam berbagai cara, melalui kepuasan pengguna, ketepatan jawaban,
dan menyatakan kesediaan pengguna untuk kembali ke pustakawan. Semua ini adalah
langkah-langkah yang valid efektivitas dan memberikan informasi tentang keberhasilan layanan
referensi. Efektivitas dapat didefinisikan sebagai seberapa baik sebuah
organisasi melakukan relatif terhadap beberapa set standar.
Peran Klien Dan Penyedia
Layanan
Daya penerimaan pengguna
untuk keterampilan teknis penyedia layanan mungkin tergantung pada sikap
interpersonal yang karyawan dan perilaku terhadap pengguna. Komunikasi sikap
peduli pada bagian dari seorang pustakawan referensi secara signifikan
berhubungan dengan kepuasan pengguna dengan wawancara referensi. Pustakawan
yang dinilai lebih kompeten baik oleh pustakawan dan pengguna ketika mereka
menampilkan kehangatan. Sejumlah orang juga menyarankan bahwa kepuasan dan
motivasi karyawan dalam organisasi layanan terkait dengan efektivitas kinerja.
Metodologi
Dalam masing-masing lima
perpustakaan, semua pustakawan yang memberikan layanan meja referensi diminta
untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Sebanyak 62 pustakawan
berpartisipasi dalam studi. Jumlah pustakawan referensi berkisar antara lima di
perpustakaan terkecil untuk 22 di perpustakaan terbesar. Pengguna yang diajukan
selama masa studi di masing-masing perpustakaan diminta untuk berpartisipasi
dalam penelitian ketika permintaan mereka diidentifikasi sebagai salah satu
untuk dijadikan sampel.
Hasil
Hasil layanan, penilaian
pengguna dari nilai layanan, secara signifikan dijelaskan oleh laporan pengguna
dari umpan balik, pengguna menginformasikan pustakawan jika pertanyaan itu
dijawab, penilaian pengguna dari orientasi pelayanan perpustakaan, laporan
pengguna dari waktu yang tersedia untuk menghabiskan waktu dengan pustakawan,
dan laporan pengguna menerima jawaban langsung untuk pertanyaan itu. Respon
hanya pustakawan secara signifikan menjelaskan nilai pengguna jasa dalam
persamaan regresi adalah rating pustakawan tentang pentingnya solusi
alternatif.
Kesimpulan
Dengan pengecualian dari
motivasi pustakawan dan skala kepuasan kerja, dan timbangan mengukur hasil
layanan, semua skala lainnya telah dikembangkan terutama untuk penelitian ini.
PEMBAHASAN
A. Keunggulan Jurnal
1. Menurut
saya topik jurnal yang dipilih oleh penulis jurnal berkaitan dengan bidang
keahlian penulis karena penulis merupakan civitas akademik sekolah informasi San Jose State
University. Judul yang diambil dalam penulisan
jurnal ini adalah Reference Service Effectiveness
(Efektivitas Layanan Referensi), tentu hal ini sangat relevan dengan
bidang keahlian penulis karena pastinya penulis mempelajari tentang sistem
informasi mulai dari bagaimana mengolah informasi dalam layanan referensi sehingga dapat menilai bagaimana
efektivitas layanan referensi.
2. Penulisan nama penulis
sudah benar, nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh
disingkat, diawali dengan huruf kapital. Alamat surel (email) penulis ditulis
di bawah nama penulis juga sudah benar.
3. Referensi yang digunakan
peneliti sudah cukup baik. Ditambah lagi peneliti dalam membuat item pada
instrumen penelitiannya mengacu pada teori di sebuah buku. Seluruh kutipan
pustaka sudah sesuai dengan daftar pustaka.
B. Kelemahan Jurnal
1. Pada metode penelitian,
peneliti tidak hanya mengambil data dengan kuisioner tapi juga dengan studi
dokumentasi. Namun peneliti tidak menjelaskan bagaimana studi dokumentasi yang
ia lakukan.
2. Bahasa yang digunakan pada
jurnal tersebut banyak menggunakan istilah-istilah ilmiah sehingga sulit dimengerti.
3.
Tidak ada
abstrak
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Efektivitas layanan referensi dapat diukur dalam berbagai
cara, yaitu dapat melalui kepuasan pengguna, ketepatan jawaban, dan menyatakan
kesediaan pengguna untuk kembali ke pustakawan. Semua ini adalah
langkah-langkah yang valid efektivitas dan memberikan informasi tentang keberhasilan layanan
referensi. Efektivitas dapat didefinisikan sebagai seberapa baik sebuah
organisasi perpustakaan. Hasil penilaian layanan referensi dapat dinilai dari pengguna
yang dijelaskan oleh laporan pengguna. Berdasarkan motivasi pustakawan dan
skala kepuasan kerja pustakawan dapat meni9ngkatkan efektivitas layanan
referensi.
B. Saran
Dari kesimpulan diatas maka saya menyarankan kita sebagai pengelola
perpustakaan harus mampu
menciptakan kepuasan pengguna perpustakaan dengan menyediakan informasi yang
baik dilayanan referensi sehingga pengguna perpustakaan mendapatkan informasi
yang dibutuhkan atau tidak kecewa terhadap layanan yang kita sediakan.
No comments:
Post a Comment