Wednesday, 10 June 2020

Contoh Critical Jornal Review layanan referensi di perpustakaan

CRITICAL JOURNAL REVIEW

REFERENCE SERVICE EFFECTIVENESS

 (EFEKTIVITAS LAYANAN REFERENSI)

 

 

 

OLEH :

NAMA       : MAYALIANA

NIM            : 0601182113

KELAS      : IP-2

MATKUL  : LAYANAN REFERENSI

 

 

PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UIN SUMATERA UTARA MEDAN

TAHUN AKADEMIK 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan atas  bagi kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan Critical Journal Review tepat pada waktunya. Tak lupa, sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW.

Critical Journal Review ini dibuat untuk memenuhi tugas individu untuk mata kuliah Layanan Referensi  pada semester IV dengan mengangkat jurnal yang berjudul Reference Service Effectiveness (Efektivitas Layanan Referensi).

Mungkin dalam penyusunan Critical Journal Review ini, terdapat banyak kesalahan di dalamnya, maka dari itu saya harapkan kritik serta saran yang membangun sehingga di kemudian hari akan menjadi lebih baik. Saya berharap agar makalah ini akan bermanfaat bagi pembaca.

 

 

Sipispis, 3 April 2020

Disusun oleh,

 

 

Mayaliana

 


 

DAFTAR ISI

Hal

KATA PENGANTAR........................................................................................................... 2

DAFTAR ISI.......................................................................................................................... 3

PENDAHULUAN................................................................................................................ 4

RINGKASAN JURNAL........................................................................................................ 5

A.  Identitas Jurnal.................................................................................................................. 5

B.  Ringkasan Jurnal............................................................................................................... 5

PEMBAHASAN.................................................................................................................... 7

PENUTUP.............................................................................................................................. 8

A.    Kesimpulan...................................................................................................................... 8

B.     Saran................................................................................................................................ 8

 

 


 

PENDAHULUAN

Layanan Referensi adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan di perpustakaan yang khusus melayankan/menyajikan koleksi referensi kepada para pemakai/pengunjung perpustakaan .Layanan referensi merupakan salah satu jasa perpustakaan yang disediakan bagi pengguna untuk menemukan informasi yang dibutuhkannya. Suatu kegiatan pelayanan untuk membantu para pemakai pengunjung perpustakaan menemukan informasi dengan cara : Menerima pertanyaan-pertanyaan dari para pemakai/pengunjung perpustakaan dan kemudian menjawab dengan menggunakan koleksi referensi; Memberi bimbingan untuk menemukan koleksi referensi dan mencari informasi yang dibutuhkan; Memberi bimbingan kepada para pemakai tentang penggunaan bahan pustaka koleksi referensi.

Menurut William A. Katz mengatakan bahwa fokus dari layanan referensi adalah pada pemberian jawaban atas pertanyaan referensi atau pencarian informasi Fungsi utama setiap perpustakaan adalah mengadakan, mengolah, menyediakan dan menyebarkan informasi kepada para pemakai. Untuk melaksanakan fungsi tersebut maka perpustakaan harus mengelola koleksinya sehingga informasi yang terdapat dalam koleksinya dapat dimanfaatkan secara optimal. Perpustakaan bisa dijadikan tempat untuk memperoleh beragam sumber informasi bagi pemustaka yang sedang

Beragamnya informasi yang tersedia di perpustakaan memerlukan beragam layanan yang harus disediakan. Adapun Pelayanan yang dapat diberikan oleh perpustakaan adalah: pelayanan sirkulasi, pelayanan referensi, pelayanan bimbingan pemakai, pelayanan penelusuran informasi, pelayanan fotokopi, dan sebagainya. Pelayanan tersebut diberikan agar perpustakaan dapat memenuhi kebutuhan informasi dari penggunanya, dengan tujuan memberikan kepuasan kepada pengguna dalam mendapatkan informasi.


 

RINGKASAN JURNAL

A.  Identitas Jurnal

Judul Jurnal                 : Reference service effectiveness (efektivitas layanan referensi)

Nama Penulis              : Jo Bell Whitlatch

Email Penulis              : San Jose State University, jobell.whitlatch@sjsu.edu

Lembaga Penulis         : San Jose State University (SJSU ScholarWorks)

Tahun Terbit               : 1990/01/01

B.  Ringkasan Jurnal

Efektivitas Layanan Referensi

Organisasi pelayanan menjadi lebih penting dalam kehidupan kita sehari-hari seperti Amerika Serikat berubah dari manufaktur untuk masyarakat berorientasi layanan lebih. Dalam dua dekade terakhir, para sarjana dalam bisnis, psikologi, dan sosiologi telah mulai mengeksplorasi perbedaan antara produk dalam pembuatan dan organisasi pelayanan.

Organisasi Layanan

Perpustakaan adalah jenis tertentu dari organisasi jasa dan pustakawan dapat belajar banyak tentang efektivitas pelayanan publik perpustakaan dengan menerapkan teori yang dipinjam dari disiplin lain juga terlibat dalam mempelajari organisasi pelayanan. Referensi effectivenss telah diukur dalam berbagai cara, melalui kepuasan pengguna, ketepatan jawaban, dan menyatakan kesediaan pengguna untuk kembali ke pustakawan. Semua ini adalah langkah-langkah yang valid efektivitas dan memberikan informasi tentang keberhasilan layanan referensi. Efektivitas dapat didefinisikan sebagai seberapa baik sebuah organisasi melakukan relatif terhadap beberapa set standar.

Peran Klien Dan Penyedia Layanan

Daya penerimaan pengguna untuk keterampilan teknis penyedia layanan mungkin tergantung pada sikap interpersonal yang karyawan dan perilaku terhadap pengguna. Komunikasi sikap peduli pada bagian dari seorang pustakawan referensi secara signifikan berhubungan dengan kepuasan pengguna dengan wawancara referensi. Pustakawan yang dinilai lebih kompeten baik oleh pustakawan dan pengguna ketika mereka menampilkan kehangatan. Sejumlah orang juga menyarankan bahwa kepuasan dan motivasi karyawan dalam organisasi layanan terkait dengan efektivitas kinerja.

Metodologi

Dalam masing-masing lima perpustakaan, semua pustakawan yang memberikan layanan meja referensi diminta untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Sebanyak 62 pustakawan berpartisipasi dalam studi. Jumlah pustakawan referensi berkisar antara lima di perpustakaan terkecil untuk 22 di perpustakaan terbesar. Pengguna yang diajukan selama masa studi di masing-masing perpustakaan diminta untuk berpartisipasi dalam penelitian ketika permintaan mereka diidentifikasi sebagai salah satu untuk dijadikan sampel.

Hasil

Hasil layanan, penilaian pengguna dari nilai layanan, secara signifikan dijelaskan oleh laporan pengguna dari umpan balik, pengguna menginformasikan pustakawan jika pertanyaan itu dijawab, penilaian pengguna dari orientasi pelayanan perpustakaan, laporan pengguna dari waktu yang tersedia untuk menghabiskan waktu dengan pustakawan, dan laporan pengguna menerima jawaban langsung untuk pertanyaan itu. Respon hanya pustakawan secara signifikan menjelaskan nilai pengguna jasa dalam persamaan regresi adalah rating pustakawan tentang pentingnya solusi alternatif.

Kesimpulan

Dengan pengecualian dari motivasi pustakawan dan skala kepuasan kerja, dan timbangan mengukur hasil layanan, semua skala lainnya telah dikembangkan terutama untuk penelitian ini.


 

PEMBAHASAN

A.    Keunggulan Jurnal

1.      Menurut saya topik jurnal yang dipilih oleh penulis jurnal berkaitan dengan bidang keahlian penulis karena penulis merupakan civitas akademik sekolah informasi San Jose State University. Judul yang diambil dalam penulisan jurnal ini adalah Reference Service Effectiveness (Efektivitas Layanan Referensi), tentu hal ini sangat relevan dengan bidang keahlian penulis karena pastinya penulis mempelajari tentang sistem informasi mulai dari bagaimana mengolah informasi dalam layanan referensi sehingga dapat menilai bagaimana efektivitas layanan referensi.

2.      Penulisan nama penulis sudah benar, nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital. Alamat surel (email) penulis ditulis di bawah nama penulis juga sudah benar.

3.      Referensi yang digunakan peneliti sudah cukup baik. Ditambah lagi peneliti dalam membuat item pada instrumen penelitiannya mengacu pada teori di sebuah buku. Seluruh kutipan pustaka sudah sesuai dengan daftar pustaka.

 

B.     Kelemahan Jurnal

1.      Pada metode penelitian, peneliti tidak hanya mengambil data dengan kuisioner tapi juga dengan studi dokumentasi. Namun peneliti tidak menjelaskan bagaimana studi dokumentasi yang ia lakukan.

2.      Bahasa yang digunakan pada jurnal tersebut banyak menggunakan istilah-istilah ilmiah sehingga sulit dimengerti.

3.      Tidak ada abstrak

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Efektivitas layanan referensi dapat diukur dalam berbagai cara, yaitu dapat melalui kepuasan pengguna, ketepatan jawaban, dan menyatakan kesediaan pengguna untuk kembali ke pustakawan. Semua ini adalah langkah-langkah yang valid efektivitas dan memberikan informasi tentang keberhasilan layanan referensi. Efektivitas dapat didefinisikan sebagai seberapa baik sebuah organisasi perpustakaan. Hasil penilaian layanan referensi dapat dinilai dari pengguna yang dijelaskan oleh laporan pengguna. Berdasarkan motivasi pustakawan dan skala kepuasan kerja pustakawan dapat meni9ngkatkan efektivitas layanan referensi.

B.     Saran

Dari kesimpulan diatas maka saya menyarankan kita sebagai pengelola perpustakaan harus mampu menciptakan kepuasan pengguna perpustakaan dengan menyediakan informasi yang baik dilayanan referensi sehingga pengguna perpustakaan mendapatkan informasi yang dibutuhkan atau tidak kecewa terhadap layanan yang kita sediakan.


No comments:

Post a Comment

TOKOH TASAWUF DI INDONESIA

BAB II PEMBAHASAN A.     TOKOH TASAWUF DI INDONESIA Berikut merupakan beberapa tokoh-tokoh tasawuf di Indonesia: 1.       Hamzah Fan...