CRITICAL JOURNAL REVIEW
“Pola Pemanfaatan Internet oleh Mahasiswa Program Magister Ilmu
Hukum
Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara”
OLEH :
KELOMPOK :
7
ABD RAHMAN (0601182115)
MAYALIANA (0601182113)
TASSYA RAMAYANI (0602281044)
KELAS :
IP-2
PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UIN SUMATERA UTARA MEDAN
TAHUN AKADEMIK 2019/2020
A.
Identitas
Jurnal
Judul Jurnal : Pola Pemanfaatan Internet oleh Mahasiswa Program
Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara
Nama Penulis :
Zaslina Zainuddin
Lembaga Penulis :
Departemen Studi Perpustakaan dan Informasi Universitas Sumatera Utara
Tahun Terbit :
Juni 2006
Nama Jurnal :
Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi
Vol, No
: Vol.2, No.1
Halaman
: Halaman 37-48
B.
Ringkasan
Jurnal
Perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat diikuti oleh kemajuan
teknologi informasi. Melalui teknologi informasi seseorang dapat memperoleh
informasi dengan cepat dan mudah. Dalam jurnal ini membahas alat penelusuran
yang digunakan dalam menelusuri informasi di bidang hukum yaitu internet. Pola pemanfaatan internet yang dimaksudkan
dalam penelitian ini adalah mencakup proses,
cara dan perbuatan memanfaatkan seluruh fasilitas yang tersedia di Internet.
Perbuatan memanfaatkan seluruh fasilitas termasuk penggunaan fasilitas search
engine, relevansi dan juga cara menelusur/mencari informasi di internet. Proses
meliputi: pengalaman, tempat, dan frekuensi penggunaan internet.
Ada beberapa manfaat dari penggunaan internet yaitu: Komunikasi
interaktif, Akses ke pakar, Akses ke perpustakaan, Sebagai alat bantu
penelitian dan pengembangan pengetahuan dan kolaborasi. Internet menawarkan
berbagai manfaat dalam bidang pendidikan, seperti:
1)
Kemampuan dan kecepatan dalam
komunikasi;
2)
Ketersediaan informasi yang up to
date
3)
Adanya fasilitas untuk membentuk dan
melangsungkan diskusi kelompok (newsgroup)
4)
Melalui web, pendidikan proses
belajar dapatdilakukan secara dinamis dan tidak tergantung waktu dan ruang
pertemuan
5)
Melalui e-mail, konsultasi dapat
dilakukan secara pribadi antara peserta didik dengan pendidik ataupun dengan
rekan lainnya.
Sebagian besar responden (54%) menggunakan internet karena tuntutan
studi. Melalui internet responden dapat memperoleh bahan-bahan perkuliahan
khususnya dalam bidang hukum dengan cepat dan mudah, selain itu materi
perkuliahan yang terdapat pada internet dapat dikatakan mutakhir. Hal ini cukup
berbeda apabila dibandingkan dengan bahan-bahan perkuliahan tercetak yang
penelusurannya membutuhkan waktu yang cukup lama.
Beberapa fasilitas pada internet dapat memberikan dukungan pada
bidang pendidikan, fasilitas tersebut seperti world wide web, e-mail, telnet,
gopher, mailing list, newsgroup, File Transfer Protocol (FTP), dan internet
relay chat. Fasilitas-fasilitas di atas tentunya memiliki manfaat yang
berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, namun pada dasarnya bertujuan
untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan informasi. Pada umumnya fasilitas
internet yang selalu digunakan oleh sebagian besar responden adalah world wide
web, selanjutnya search engine yang sering digunakan adalah yahoo dan google.
Pemanfaatan Search Engine yang paling sering digunakan oleh
responden adalah penggunaan yahoo dan google. Selain itu sebagian besar mahasiswa
sering menggunakan e- journal sebagai media untuk memperoleh informasi ilmiah yang
dibutuhkan. Pada penelitian ini terlihat bahwa situs yang selalu diakses oleh
responden adalah finlaw (http://www.findlaw.com/) dan
situs yang tidak pernah diakses adalah LexisNexis (http://www.lexisnexis.com/)
dalam melakukan pencarian informasi yang berkaitan dengan hukum. Sedangkan pada
penggunaan situs penelusuran dalam negeri responden yang selalu melakukan akses
terhadap Produk Perundang-undangan RI (Sekretaris Kabinet RI) melalui http://www.ri.go.id/produk_uu/.
Salah satu kebutuhan utama dalam dunia pendidikan adalah
ketersediaan bahan pustaka. Jenis-jenis informasi ilmiah yang terdapat pada
internet terdiri dari berbagai bentuk, seperti artikel lepas, e-book, artikel
di e-jurnal, makalah dan hasil penelitian. Dalam melakukan penelusuran terhadap
informasi, pengguna sebaiknya menggunakan bantuan operator penyedia jasa
penelusuran. Hal ini bertujuan untuk memperinci query sedemikian rupa, sehingga
penelusuran dapat menghasilkan dokumen yang memiliki tingkat relevansi yang
tinggi dengan kebutuhan pengguna. Informasi yang diperoleh dari hasil penelusuran
adalah bersifat digital, sehingga informasi yang telah diperoleh tidak cukup
hanya dibaca pada layar monitor, tetapi juga dapat di-download dan dicetak.
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa internet berpengaruh
terhadap studi mereka. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh banyaknya kemudahan
yang mereka peroleh melalui internet, terutama kemudahan dalam memperoleh informasi
ilmiah yang mereka butuhkan. Sebaiknya mahasiswa terus meningkatkan frekuensi pemanfaatan
internet, sehingga dengan frekuensi penggunaan yang tinggi diharapkan mereka
akan mampu/mahir menggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia pada internet. Dengan
demikian mahasiswa akan semakin terampil dalam menggunakan internet.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur
Penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryadana, Ketut. 2003. ”Internet Search Engine”. <http://inculv.petra.ac.id/>
(9/2/2005)
Dussart, Georges. 2002. Bioscience on the Interne: a student guide.
England: Wiley.
Edward, Leo. 1999. ”Kegunaan
Internet” <http://www.rad.net.id./homeh/edwardinthbs c 12.htm>.(5/2/2005)
Febrian, Jack. 2003. Menggunakan
Internet: dilengkapi situs yang menarik untuk dikunjungi. Bandung: Informatika.
____ . 2001. Menggunakan Internet. Bandung :
Rineka. Forum Pendidikan. 2005.
”Internet dan Pendidikan. http://pendidikan.tv/eindex. htm (4/4/2005).
Hadi,
Sutrisno. 1981. Methodology Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Ilmu
Psikologi UGM.
Hardjito. 2002. ”Internet Untuk
Pembelajaran”. <http://www.pustekkom.go.id> (5/2/2005).
Purbo, Onno W. 2004. “Internet”. http://Geocities.com/mrsmkk/internet.html (22/2/2005)
Khoe Yao Tung. 2000. Pendidikan
dan Riset di Internet. Jakarta: Dinastindo.
____ . 2002. Teknologi Jaringan
Intranet. Yogyakarta: Andi.
Liawatimena,
Suryadiputra. 1999. Peran Internet dalam Mendukung Pendidikan di Perguruan Tinggi.
Jakarta: Universitas Bina Nusantara.
Margatan, Arcole. 2004. Panduan
Memanfaatkan Internet. Solo: Aneka
Oetomo,
Budi S. 2002. e-Education: konsep, teknologi dan aplikasi internet pendidikan. Yogyakarta:
Andi.
Purbo, Onno.w. 2002. E-Learning:
berbasis PHP dan MYSQL. Jakarta: Elex Komputindo.
Rowley, Jenifer E. 1993. Computer
for Libraries. London: Library Association.
Sianipar, Pandapotan. 1996.
Panduan Menggunakan Internet. Jakarta: Elex Komputindo.
Siregar, A. Ridwan. 1996. Internet
dan Aplikasinya. Medan: Perpustakaan USU.
____ . 1996. Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk
Pemasaran Perpustakaan. Medan: Perpustakaan USU.
____ . 2001. Panduan Perpustakaan Universitas.
Medan: Perpustakaan USU.
____ . 2004. Perpustakaan: energi pembangunan bangsa.
Medan: USU Press.
Sitompul, Darwin. 1997.
Perkembangan Internet. Medan: Puskom USU
Sugiyono. 1999. Metodologi
Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Suhardjo,
Budi. 2001. “Pertanyaan tentang Internet dan Intranet”. <http//Thor. prohesting.com/arema/download/internet.htm>.
(5/1/2005)
Supardi, A. 1979. Statistik.
Bandung: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Jati
Tarumingkeng,
Rudy C. ”Petunjuk Penggunaan Sumber Internet Untuk Bahan Pustaka Penulisan
Karya Ilmu pengetahuan”. <http://Tumoutu.net/intern-pub.htm.>.(5/2/2005)
No comments:
Post a Comment